102 Guru Pessel Seleksi GTK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar

91

JURNAL SUMBAR | Painan — Pesisir Selatan telah menyeleksi sebanyak 102 peserta yang terdiri dari para Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas dari jenjang TK, SD dan SMP untuk menjadi duta Pessel pada Seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Beprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Demikian dikatakan Kepala Disdukbud Kabupaten Pessel H. Zulkifli, S.Pd, M.Pd, Senin (9/9/2019) diruang kerjanya di Painan.

Dikatakannya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pessel yang dipimpinnya telah menggelar kegiatan Seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Beprestasi. Acara yang berlangsung di Hotel Anordio Painan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2019 lalu dengan melibatkan Timsel GTK dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Dijelaskannya, sebanyak 102 peserta GTK itu dalam kegiatan bermuatan peningkatan mutu diupayakan untuk bisa lolos di tingkat nasional, atau minimal berprestasi di tingkat provinsi.

Ditambahkan Kabupaten Pessel selalu memberi reward berupa Umroh kepada GTK yang mewakili daerahnya di tingkat provinsi.

“Sudah 3 tahun ini Bupati Pessel Hendrajoni selalu mendukung program Dikdikbud maka beliau setuju dengan reward yang kita berikan berupa umroh tersebut kata pria kelahiran Kambang ini, yang pernah berkiprah di Diskdik Kabupaten Pasaman Barat,” ujarnya.

Sementara secara terpisah Ketua Timsel GTK UNP Dr. Erianjoni, M.Si mengatakan bahwa UNP akan selalu membantu peningkatan mutu pendidikan di Pessel yang mulai mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil UNBK Pessel telah berada di papan tengah, yakni rangking 11, karena sebelumnya selalu berada di papan bawah.

Kepercayaan Pemda Pessel dengan UNP diawali dengan MoU antara Pemda Pessel dengan UNP tahun 2018 lalu antara Bupati Hendrajoni dengan Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D.
Dalam kegiatan ini Tim Pembina GTK berprestasi UNP berkolaborasi dengan mantan GTK berprestasi Nasional Gantino Habibi, M.Pd dan Ikhsanul Arif SE, S.Pd keduanya dari Kota Bukittinggi.

Selain itu, juga dengan pihak pengawas Disdikbud Pessel Yesrial, M.Pd dan Drs. Erizonal.
Menurut Bapak Roni Syukri, S.Pd Kasi GTK SMP, kita sangat berterimakasih atas partisipasi Tim UNP yang terdiri dari Dra. Arnellis, M.Si, Dr. Erianjoni, M.Si dan Dr. Zulmardi, M.Si. katanya di sela-sela penutupan acara. Selanjutnya para pemenang akan dibina atau TC daerah untuk mewakili Pessel di tingkat Provinsi Sumbar. Agusmardi