Jalan Kantor Bersama Sijunjung Bakal Disulap Jadi Pasar Kuliner

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jalan Simpang Tugu – Kantor Bersama Muaro Sijunjung segera disulap menjadi Pasar Kuliner, dengan menyajikan berbagai makanan khas Sijunjung. Berikut ikan segar, aneka produk pangan dan lain sebagainya.

Penetapan kawasan tersebut sebagai pusat penjualan kuliner ini diakomodir Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung. Rencananya resmi mulai dioperasikan Senin pekan depan, lengkap bersama segala prasarana yang dibutuhkan. Bekerjasama dengan Perum Bulog, kelompok wanita tani binaan di berbagai nagari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sihunjung, Nizam Ul Muluk, mengungkapkan, pihaknya sampai kemarin terus melakukan berbagai persiapan, mulai dari penyediaan tenda, meja, kursi, serta segala sesuatunya yang dibutuhkan. Sesuai rencana fasilitas tersebut akan disediakan gratis untuk masyarakat, aktif beroperasi tiap hari Senin.

Melihat ketersediaan/luas lahan, operasional Pasar Kuliner Muaro Sijunjung akan dilengkapi dengan 26 lapak, ukuran 1x 2 meter, dan pedagang hanya tinggal masuk membawa barang dagangannya. Otomomatis selama hari pasar akses jalan sepenuhnya ditutup, bagi yang membawa kendaraan harus parkir di depan.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Setingannya, mulai dari pintu masuk Simpang Tugu akan berjejer pedagang kuliner, kemudian disusul kelompok pedagang pangan, dan pedagang ikan segar,”kata Nizam pada awak media, Senin (9/9/2019).

Jenis kuliner yang disediakan semuanya khas Sijunjung, diantaranya adalah lemang ubi, godok obuih, godok ubi, martabak, ampiang dadiah, gulai langkitang, hingga berbagai jenis makanan tradisional lainnya asal nagari-nagari.

Untuk kelompok pedagang pangan dan bahan pokok terdapat beras premium hingga kelas bawah, berikut tepung, gula, minyak goreng. Dengan menggandeng Perum Bulog Sijunjung, kalangan pedagang/kedai kelontong seputaran Muaro Sijunjung.

Area paling ujung, tepatnya dekat Gedung Kantor Bersama Pemkab Sijunjung, berjejer pegadang ikan air tawar dan laut.

“Diharapkan dengan adanya Pasar Kuliner ini akses masyarakat dalam mendapatkan berbagai produk pangan menjadi lebih simple, praktis, dan harganya murah,” pungkasnya.anton
editor; saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.