Latih Guru Membangun Kimia Terapan dan Semangat kewirausahaan Siswanya

JURNAL SUMBAR | Padang –Menumbuhkan jiwa enterprenuer bagi siswa SMA/MA dalam membuat berbagai produk kimia terapan yang bernilai ekonomi ternyata masih kebanyakan guru masih merasa bingung dengan materi kimia apa yang harus diberikan. Ketersediaan bahan ajar kewirausahaan bidang kimia masih belum ada, karena itu jurusan kimia FMIPA UNP untuk memberikan pelatihan kimia terapan berbasis kewirausahaan bagi Guru-guru Kimia SMA/MA se Provinsi Sumatera Barat.

“Kita berharap pelatihan dalam memperoleh informasi dan pengetahuan terkait ilmu kimia yang dapat diajarkan untuk menumbuhkan jiwa enterprenuer siswa SMA/MA dan ilmu serta skill yang dilatihkan pada bidang studi ini dapat dijadikan modal berwirausaha bagi alumni SMA/MA yang tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi,” ujar Fauzana Gazali, M.Pd selaku Ketua Tim Pengabdian Jurusan Kimia FMIPA UNP dalam wawancaranya dengan Tim Humas UNP, Senin (9/9/2019)

Fauzana Gazali menjelaskan pada pelatihan yang diikuti sebanyak 64 orang para guru SMA/MA yang dipusatkan
MAN 2 Padang
produk yang dibuat adalah virgin coconut oil (VCO) dan produk turunannya seperti: selai, lulur, lipstick, pomade dan lain-lain. Adapun pelaksanaan pelatihan sebanyak 3 kali terstruktur dan 3 kali kegiatan mandiri, pada Selasa (3/9) penyampaian materi dan praktek pembuatan VCO
, pada Selasa (17/9) Workshop pembuatan produk turunan VCO : selai VCO dan Lulur VCO
da pada Selasa (2/9) Workshop pembuatan produk turunan VCO : pomade, lipstick dan sabun
b.

“Dari 3 kali pertemuan terstruktur dan 3 kali kegiatan mandiri diharapkan dapat
mengaplikasikan ketersediaan bahan ajar kewirausahaan bidang kimia,” ujarnya.

Epi

Fauzana Gazali mengatakan
Tim Pengabdian Jurusan Kimia FMIPA UNP yang dipimpinya itu melibatkan
Dr. Andromeda, M.Si dan Dr. Yerimadesi, M.Si (anggota), Prof. Dr. Minda Azhar, Eka Yusmaita, M.Pd dan Melindra Mulia, M.Si sebagai narasumber serta tiga orang mahasiswa yakni Margarita Claudya maida, Ifan Rivaldo dan Adly Hadiyan Munif.

Pada akhirnya pelatihan Kimia Terapan Berbasis Kewirausahaan Bagi Guru-Guru Kimia dapat meningkatkan softskill siswa SMA/MA dan menumbuhkan jiwa enterprenuer, sesuai dengan Dharma ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jurusan Kimia FMIPA UNP bekerjasama dengan kelompok MGMP Kimia MA Provinsi Sumatera Barat.

“Metode yang digunakan dalam kegiatan ini bervariasi yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek, latihan keterampilan, dan pemberian tugas. Adapun luaran yang diharapkan dari hasil kegiatan ini adalah publikasi artikel pada jurnal nasional ber ISSN,” terangnya.

Selain itu, luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan/keterampilan guru-guru MGMP Kimia MA Provinsi Sumatera Barat dalam membuat produk kimia terapan berbasis kewirausahaan dan menghasilkan suatu produk berupa draf penuntun praktikum kimia terapan berbasis kewirausahaan untuk pembelajaran kewirausahaan di SMA.(Agusmardi/Humas UNP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.