288 Mahasiswa PPG Gelombang Ke-5 Ikuti Pelatihan Guru Profesional Lewat PPL

143

JURNAL SUMNAR | Padang — Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang kembali melaksanakan pelatihan Praktek Pengalaman Lapangan PPG (Pendidikan Profesi Guru) kepada 228 mahasiswa untuk lima program studi. Penyerahan 228 mahasiswa dalam jabatan gelombang ke-5 diadakan di Auditorium UNP, Jumat (18/10).

Rektor UNP, Prof Ganefri yang di wakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si mengatakan, setiap mahasiswa PPL PPG mesti memahami panduan PPL terkait dengan prosedur pelaksanaan dan tata kelola PPL nya. Panduan ini diharapkan dapat menjadi pedoman penyelenggaraan PPL di sekolah mitra yang melibatkan unsur kepala sekolah, guru pembimbing dan administrasi sekolah.

Prof Yunia Wardi menambahkan tujuan penyelenggaraan program PPL adalah agar mahasiswa menjadi pendidik profesional yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional secara utuh

Kemudian para mahasiswa yang mengikuti PPL PPG Gelombang Ke-5 ini, seperti yang dilaporkan ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi diharapkan menerapkan pembelajaran yang inovativ dalam pengembangan profesionalitasnya.

Acara ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid SMK, Joko Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang diwakili Kasi Tenaga Teknis Bidang Pendidikan Dasar, Syamdani, M.Pd dam Ketua PPL, Sukardi, MT dan seluruh peserta Pelatihan Dosen Pembimbing dan Guru Pamong PPL PPG Gelombang ke-5.

Adapun lima Prodi mahasiswa tersebut adalah Bimbingan dan Konseling (51), Pendidikan Bahasa Inggris (58), Pendidikan Matemateka (30), PGPAUD (32) dan PGSD (117). PPL Dilaksanakan selama 21 Oktober hingga 8 Nopember 2019, sementara Uji Kinerja tanggal 11-15 Nopember dan ujiannya 23-24 Nopember. (Agusmardi/Humas UNP)