Kafilah UNP Pertahan Gelar Juara Umum MTQ Antar-Mahasiswa Se-Sumbar

102

JURNAL SUMBAR | Padang — Kafilah Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil al-Quran (MTQ) antar mahasiswa se-Sumatera Barat yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang pada tanggal 17 Oktober 2019.

Menurut panitia pelaksana yang dikutip Engkizar, SIQ, M.Ed , ketua rombongan kafilah UNP, pada ivent kegiatan MTQ kali ini terdapat 15 perguruan tinggi yang ikut berpartispasi, di antara adalah UIN Imam Bonjol, IAIN batusangkar, IAIN Bukittinggi, STKIP PGRI Sumatera Barat, STAI-PIQ Sumbar dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Dikatakkanya, keberhasilan kafilah UNP pada tahun ini sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada ivent yang sama yaitu MTQ pada tahun 2018, kafilah UNP diperkuat 9 orang peserta untuk mengikuti 3 cabang dengan 5 kategori lomba yaitu Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Musaqah Tartilul Quran (TQ) dan Khatil Quran (KQ).

“Alhamdulillah berkat kerja keras peserta, doa dan dukungan kita bersama kafilan UNP meraih 5 medali dengan rincian 1 medali Emas. 3 Perak dan 1 Perunggu dengan raihan 5 medali tersebut UNP mengumpulkan 15 poin, poin tertinggi dari seluruh perguruan tinggi dari 15 perguruan tinggi lainnya,” ujarnya

Secara rinci raihan medali tersebut adalah, Emas diraih oleh 1. Muhammad Azwar Husni (Juara 1 Tartil Putra: Pendidikan Geografi). 2 Rahmi Hanifa (Juara 2 Tartil Putri: Pendidikan PGSD). 3. Merly Swadita (Juara 2 Khat Kontemporer Putri: Seni Rupa). 4. Revi Indriyani (Juara 2 Khat Dekorasi Putri: Fisika).4 Fajriatul Ihsan (Juara 3 Khat Kontemporer Putra: Pendidikan IPA).

Selain itu kafilah UNP selain didampingi oleh ketua rombongan Engkizar, SIQ, M.Ed, juga didampingi pelatih Muhammad Taufan, M.Ed dan Marta Dewi Siska dari bagian pengembangan Minat dan Bakat Kemahasiswaan.

Menurut Engkizar Dengan adanya ivent-ivent MTQ seperti ini tentu akan menambah pengalaman berlomba para kafilah, di samping itu juga sebagai ajang silaturrahmi bagi seluruh mahasiswa antar perguruan tinggi se-Sumatera Barat kususnya para Qori/Qoriah. (Agusmardi/Humas UNP)