Batang Takung Meluap, Belasan Rumah Warga Terendam Banjir di Kiliranjao Sijunjung

3824

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Akibat hujan yang cukup deras sepanjang Selasa (21/1/2020) dini hari, belasan rumah warga di Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat terendam banjir.

“Banjir yang merendam belasan rumah warga ini terjadi jelang subuh, tepatnya kisaran pukul 04.00 WIB,”kata Kasril Piliang salah seorang tokoh masyarakat setempat kepada awak media.

Diduga, banjir tersebut juga berasal dari banjir kiriman. “Selain akibat hujan deras, banjir yang terjadi ini akibat banjir kiriman dari hulu sungai Batang Takung. Ketinggian air mencapai satu setengah meter dan merendam rumah warga,”tambah Kasril yang juga anggota Pemuda Pancasila (PP).

Saat ini, kata Kasril, warga bersama tokoh masyarakat saling bajibaku membantu mengevakuasi warga di Dusun Tinggi Duo. “Alhamdallah air sudah mulai agak surut,”kata Kasril.

Bahkan anggota DPRD Sijunjung yang juga Bacalbup Sijunjung, Uztad Hendri Susanto langsung terjun kelokasi membantu mengevakuasi warga.yang terkena banjir.

Plt BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sijunjung, Hendri Caniago membenarkan bencana banjir yang melanda Kamang Baru itu.

“Ya, selain Muaro Takung di rendam banjir, juga terdapat beberapa daerah terkena longsor. Saat ini kami berafa dilokasi bencana membantu warga,”ucap Hendri Caniago.

Bukan itu saja, ruas jalan negara dan pemukiman warga di Sungai Tambang, Kecamatan Kamang Baru itu juga terendam banjir. Bahkan sejumlah tempat bisnis dan perbankan juga direndam air bah. Hingga kini air masih belum surut. Tak ayal, kenderaan dari dan ke melintasi Sungai Tambang itu harus berhati-hati.

Tak hanya itu, di Kecamatan Tanjung Gadang juga dilanda banjir. Puluhan rumah warga juga terendam.air bah.

“Kecamatan Tanjunh Gadang di landa banjir, Nagari Timbulun Jorong Tandikek, Nagari Tanjung Gadang, Nagari Tanjung Lolo. Mohon bantuan dan partisipasi kita semua semoga badai cepat berlalu,”kata Nur Wahidal salahseorang nitizen dalam unggahan akun facebooknya.

Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto,SIK, melalui Paur Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul, membenarkan peristiwa tersebut.

“Benar, saat ini Kamang Baru dan Tanjung Gadang dilanda banjir dan longsor. Kita masih menunggu data lengkap akibat bencana tersebut,”ucap Ajo panggilan akrab Iptu Nastul. saptarius