dr.Ferimulyani Hamid, M.Biomed; Perlu Waspadai Orang Tanpa Gejala Covid-19

195

Kadinkes Kota Padang Sumbar dr.Ferimulyani Hamid, M.Biomed.

JURNAL SUMBAR | Padang – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, dr.Ferimulyani Hamid, M.Biomed menegaskan, semua pihak saat ini harus mewaspadai orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Karena OTG ini, sebelum diketahui positif Covid-19 sudah melakukan banyak interaksi dengan orang sampai ia dinyatakan positif.

Penegasan ini dikatkan Dokter Ferimulyani saat melakukan wawancata online dengan wartaran Jumat malam (10/4/2020) yang yang digelar IJTI Sumbar lewat aplikasi daring.

Dan ia mengatakan, bila OTG dinyatakan positif, petugas kesehatan akan sedikit mengalami kesulitan mencari tahu (tracking) orang-orang yang sudah bersentuhan dengan korban, karena diyakini sudah banyak orang yang pernah dekat dengannya. Walau demikian, petugas akan melakukan pencarian siapa saja warga yang sudah pernah bersentuhan.

Untuk itu, kepada seluruh warga hendaknya melakukan disiplin diri dengan ketat dan kepada para pendatang baru di Kota Padang segera melaporkan diri ke aparat RT RW sehingga bisa didata dan ditangani dengan dan lakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.

Ia juga mengatakan, semua orang bisa terkena infeksi Covid-19, namun yang potensi terinfeksi itu dari kalangan usia lanjut (manula), ibu hamil dan orang yang punya sakit bawaan, seperti paru-paru, darah tinggi dan sebagainya. Tapi, orang sehat dan kalangan muda juga bisa terjangkit.

“Untuk itu, mari menjaga imun tubuh tetap fit, lakukan olahraga dengan baik di rumah dan upayakan berjemur di pagi hari serta makan makanan bergizi,” sebutnya.

dr.Ferimulyani Hamid juga menghimbau masyarakat untuk memutuskan mata rantai COVID-19 dengan mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap berdiam diri di rumah selama 14 hari terutama orang yang pulang dari rantau maupun ODP. Gunakan masker saat keluar rumah, jangan berkumpul dan hindari keramaian.

“Sudah sangat banyak korban berjatuhan. Siapa saja bisa terinfeksi, mari bersama kita lawan COVID-19, semoga wabah COVID-19 cepat berakhir,” katanya. MR/sumber;beritaminang.com