Diserahkan Bupati Hendrajoni, Bansos Tunai Kemensos Mulai Disalurkan

396

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Setelah pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Provinsi Sumatera Barat dan BLT dari APBD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kini giliran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dibagikan.

Dimulainya penyaluran Bansos Tunai Kemensos RI di Pesisir Selatan, ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, kepada dua orang perwakilan masyarakat  Nagari Koto Ranah,  yaitu Asniati, 68th dan Darna 65th, di UDKP Kantor Camat Ampek Nagari Bayang Utara, pada Sabtu (16/5/2020).

Hadir bersama bupati pada kesempatan itu, Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Ketua TP PKK, Hj Lisda Hendrajoni, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto, serta camat Ampek Nagari Bayang Utara, Ronald Bernando, S.IP.

Dalam kesempatan itu, bupati mengharapkan penyaluran bantuan pemerintah tidak memicu konflik di tengah tengah masyarakat, apa lagi menimbulkan tindakan anarkis.

“Jangan gara gara tidak dapat bantuan terjadi bentrok antara masyarakat dengan pemerintah nagari atau antara masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya,”kata bupati.

Dikatakan jika ada masalah dalam data calon penerima, seperti; penerima ada yang pensiunan atau penerima ganda dengan PKH dan bantuan sembako, hal tersebut agar dibicarakan baik baik dengan walinagari atau camat.

“Masyarakat juga dapat melaporkan kepada kami melalui layanan pengaduan yang telah disediakan oleh gugus tugas Covid 19,”kata bupati.

Lebih lanjut, bupati mengingatkan, agar masyarakat penerima bantuan dapat  menggunakan bantuan itu dengan bijak dan mengutamakan kebutuhan pangan.

“Manfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa  pandemi wabah corona,” sebut bupati.

Selama masa PSBB masyarakat diharapkan tetap di rumah saja, selama di rumah  untuk memenuhi kebutuhan  pemerintah memberikan bantuan baik dalam bentuk bansos tunai maupun Bantuan langsung tunai (BLT).

Dalam kesempatan itu, bupati juga memuji masyarakat Bayang Utara yang tertib serta mematuhi protokol kesehatan seperti;  dengan tetap menjaga jarak serta memakai masker.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PP dan PA Zulfian Aprianto,  menjelaskan, Pesisir Selatan, mendapat kuota Bansos Tunai dari Kemensos RI sebanyak 20.830 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 15 kecamatan.

” Masing masing KK menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per-bulan, bantuan tersebut akan berlangsung selama tiga bulan,” katanya.

Untuk penyaluran Bansos kepada masyarakat, lanjutnya Zulfian,  Kemensos bekerja sama dengan tiga lembaga, yaitu PT Pos, BRI dan BNI. Untuk saat ini penyaluran baru dilakukan oleh PT. Pos. Dengan demikian penyaluran Bansos kepada 20830 KK tersebut dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut.

Untuk Kecamatan Bayang Utara, PT Pos akan penyaluran Bansos Tunai kepada 516 KK yang tersebar di enam nagari.

” Mulai hari ini petugas dari Pos  di masing masing kecamatan akan membagikan  Bansos Tunai kepada masing masing penerima bantuan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui selain Bansos Tunai dari Kemensos Pesisir Selatan, juga mendapat  BLT dari Provinsi Sumatera Barat, untuk 11.337 KK dan BLT Kabupaten Pesisir Selatan, untuk 16.000 KK dan BLT Dana Desa sebanyak 28 ribu KK.R