Hari Ini, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 12 Orang, Total Positif di Sumatera Barat Tembus Angka 408

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Padang – Kepala Biro (Kabiro) Humas Setdaprov sekaligus Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumbar, pada Mingggu, 17 Mei 2020 menyebutkan, total sampai hari ini 408 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 12 orang lagi. Sembuh bertambah 4 orang, sehingga total sembuh 95 orang dan tidak ada yang meninggal.

Dari 874 sample swab yang diperiksa oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukitinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M Sc yang bekerja selama 22 jam sejak kemaren sampai subuh dinihari tadi, terkonfirmasi warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sebanyak 12 (duabelas) orang lagi, yaitu:

1. Kota Padang 11 (sebelas) orang, yang masih dominasi dari cluster Pasar Raya.

2. Kabupaten 50 Kota 1 (satu) orang, pria 52 tahun. Sample swab yang bersangkutan dikirim oleh RS Adnan WD Kota Payokumbuah, berdasarkan hasil tracing dari riwayat kontak dengan pasien positif pertama di Kota Payokumbuah. Namun berdasarkan KTP dan tempat tinggal, yang bersangkutan adalah warga Taeh Baruah, Koto Kaciak Kecamatan Payakumbuh, Kelahiran Simalanggang.

Rinciannya sebagai berikut:

Kota Padang

1. Pria 78 th, warga Padang Pasir, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

2. Wanita 12 th, warga Padang Pasir, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

3. Wanita 34 th, warga Parak Karakah, pekerjaan pegawai BUMN, diduga terpapar dari tempat kerja, penanganan isolasi mandiri sementara.

4. Pria 26 th, warga Anduriang, pekerjaan karyawan toko Pasar Raya, terinfeksi karena sebagai karyawan toko di Pasar Raya Padang, penanganan isolasi mandiri sementara.

5. Wanita 43 th, warga Aia Tawa Barat, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

6. Wanita 54 th, warga Pagambiran, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

7. Wanita 28 th, warga Banda Buek, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

8. Wanita 60 th, warga Alai Parak Kopi, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

9. Balita (wanita) 4 th, warga Alai Parak Kopi, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

PERANTAU SIJUNJUNG

10. Balita (wanita) 2 th, warga Alai Parak Kopi, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

11. Wanita 51 th, warga Parak Laweh, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Limopuluah Kota

1. Pria 52 th, warga Taeh Baruah, pekerjaan garin mesjid, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 4 orang dengan rincian:

1. Pria 56 th, warga Tiumang Kabupaten Dharmasraya, pekerjaan petani, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020 sebagai jamaah tabliq akbar, pasien RSUD Sungai Dareh.

2. Pria 62 th, warga Pulau Punjuang Kabupaten Dharmasraya, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena pulang dari Makassar tanggal 22 Maret 2020 sebagai jamaah tabliq akbar, pasien RSUD Sungai Dareh.

3. Wanita 50 th, warga Cendana Mato Aia Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

4. Pria 66 th, warga Kampuang Manggih Kota Padang Panjang, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Minggu 17 Mei 2020 adalah 408 orang, dengan rincian 145 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 56 orang, isolasi daerah 5 orang, Bapelkes 17 orang dan di BPSDM 68 orang, meninggal dunia 22 orang dan sembuh 95 orang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se Sumatera Barat, Minggu 17 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.920 orang.

Proses pemantauan 289 orang, dengan rincian karantina Pemda 31 orang dan 258 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.631 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 735 orang.

Dari 735 PDP tersebut, 52 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 683 orang.hms

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.