Masjid di Sawahlunto Kembali Selenggarakan Sholat Jumat

371

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Masjid – masjid di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, kembali menyelenggarakan sholat Jumat berjamaah, pada Jumat (15/5/2020) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 Maret 2020 lalu.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan diperbolehkannya kembali untuk sholat Jumat, sesuai maklumat MUI Sumbar nomor 005/MUI-SB/IV/2020 bagi daerah tidak terjangkit, tak ada larangan untuk melaksanakan sholat Jumat dan sholat berjamaah.

“Dan ini berdasarkan kesepakatan bersama yang dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rapat dan telah disosialisasikan dengan mengundang pengurus masjid , Kamis (14/5/2020) lalu,” jelas Deri di balaikota Jumat (15/5/2020).

“Namun protokol kesehatan yang ketat diberlakukan serta pimpinan masjid telah membuat pernyataan untuk bersedia menjalankan aturan tersebut,” pintanya.

Ketua MUI Sawahlunto H Darmuis menambahkan Protokol Covid-19 harus dijalankan petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap jemaah yang memasuki masjid pakai masker dan sebelumnya mencuci tangan pakai hand sanitizer.

“Apa yang menjadi kekurangan dalam penerapan aturan serta protocol yang dibenarkan pada Jum’at ini, nanti menjadi masukan bagi pengurus Masjid agar tetap waspada,” pintanya. Tum. AS