Pasien Terinfeksi Positif Covid-19 di Sumatera Barat Tembus Angka 478 Kasus, Sijunjung Masih Aman

444

Lebaran Hari Ini, ada penambahan 35 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar

JURNAL SUMBAR | Padang– Terupdate data pada momen Idul Fitri 1441 Hijriyah atau lebaran, Minggu (24/5/2020) ini ada penambahan sebanyak 35 orang warga Sumatera Barat (Sumbar) terkonfirmasi positif coronavirus disease (covid-19). Artinya, hingga kini warga Sumbar yang terinfeksi positif sudah tembus angka 478 kasus. Sedangkan daerah yang masih aman dan status zona hijau hanya tersisa Kabupaten Sijunjung.

Informasinya, puluhan kasus baru itu merupakan hasil pemeriksaan 1.461 sampel yang dilakukan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Kepala Dinas Kominfo yang juga Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, mengungkapkan 35 kasus baru tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Terbanyak, terdapat di Kota Padang dari 204 sampel yang dinyatakan positif 25 orang.

“Kemudian Kota Sawahlunto dari 578 sample swab, positif 2 orang. Kota Payakumbuh 20 sampel swab positif 6 orang, terdiri dari warga Payakumbuh 5 orang dan warga Kabupaten Limapuluh Kota 1 orang,” kata Jasman dalam keterangan tertulisnya, pada Minggu (24/5/2020).

Disebutkan Jasman, Kabupaten Dharmasraya dari 42 sampel swab positif 1 orang, selanjutnya Kabupaten Solok 14 sampel swab positif 1 orang. Dalam hal ini, para tim di laboratorium patut diapresiasi.

“Yang paling luar biasanya adalah, mereka telah melakukan pemeriksaaan sampel sebanyak 1.461 dalam waktu 22 jam. Ini pekerjaan tim yang sangat luar biasa dan merupakan rekor pemeriksaan sample swab terbanyak yang pernah ada di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu dari beberapa daerah lainnya yang mengirimkan sampel swab, dalam pemeriksaan dinyatakan negatif. Termasuk sampel orang tanpa gejala dari jajaran Kemenag.

“Kabupaten Sijunjung 102 sample negatif. Kota Padang Panjang 41 sampel negatif, Kabupaten Padang Pariaman 43 sampel negatif dan Kota Bukittinggi 87 sampel negatif. Begitupun Kemenag 48 sampel OTG dinyatakan negatif,” katanya.

Dengan penambahan 35 kasus baru, maka terhitung Minggu (24/5/2020) total keseluruhan terkonfirmasi positif di Sumbar menjadi 478 kasus.

Untuk diketahui, dengan adanya dua orang pasien postif Covid-19 di Sawahlunto, maka daerah zona hijau hanya tersisa Kabupaten Sijunjung. rilis