Katim Wasev TMMD Ke-108 Tinjau TMMD di Nagari Panyalaian Tanah Datar

587

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Pelaksanaan TMMD( Tentara Manunggal masuk desa/nagari) di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto, Kamis (16/7/20) ditinjau langsung  Katim Wasev TMMD ke-108 Brigjen TNI Sulistiono.

Aktivitas peninjauan oleh Brigjen TNI Sulistiono didampingi Dandim 0307 Tanah Datar Letkol inf. Edi S Harahap, Kasi Teroterial Kolonel Kav. Husnizon Korem 032 Wirabraja dan Forkopimda Tanah Datar.
” Kunjungan saya ke lokasi TMMD untuk mengukur kinerja dari organisasi Satgas TMMD yang  dibentuk TNI AD, ” ucap  Brigjen TNI Sulistiono.

Dikatakannya, pengukuran kinerja dinilai dari awal persiapan hingga pelaksanaan,dan  pengakhiran oleh Satgas TMMD juga keoptimalan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan TMMD. Sasaran dan tujuannya sudah terlaksana, tutur Brigjen TNI.

Sulistiono, menilai dan mengapresiasi  progres keseluruhan dari pembukaan jalan baru sepanjang 2,8 kilometer dan kegiatan non fisik oleh Satgas TMMD Kodim 0307 Tanah Datar. Yang tersisa hanya pengerasan dan sedikit polesan bahu jalan agar tidak terjadi longsor di jalan tersebut.

Kami bangga dengan kinerja Satgas TMMD, ucap Brigjen, dalam waktu yang baru berjalan setengah sudah nampak dan bisa dinikmati  masyarakat, sebut Brigjen TNI Sulistiono lagi.

Sementara  Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Edi S Harahap menyampaikan, 17 hari pelaksanaan TMMD, hasilnya sesuai target. Kedepan diharapkan dengan cuaca bagus, pekerjaan membuka jalan baru akan bisa diselesaikan segera.

Selama pelaksanaan TMMD, tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan TMMD, selain cuaca yang tidak menentu, juga kondisi humus tanah yang subur di lokasi kegiatan menyulitkan petugas melakukan pengerasan. Disamping itu, tekan Dandim Edi.S. Harahap banyaknya saluran air yang harus dibuatkan gorong-gorong di lokasi.

Humus tanahnya cukup subur, dan ketika kena air lansung becek sehingga pengerasan jadi sulit. Banyak saluran air, yang semula kita buatkan tiga unit  gorong-gorong, saat ini menjadi  16 gorong-gorong, ujar  Dandim Edi S Harahap seraya menyebutkan Satgas TMMD Kodim 0307 Tanah Datar optimis seluruh kegiatan akan selesai tepat waktu  29 Juli 2020 mendatang.

Pelaksanaan TMMD di nagari Panyalaian betul-betul menguntungkan Masyarakat petani, yang sebelumnya para petani harus mengeluarkan upah angkut hasil tani. Biasanya petani membayar upah satu karung Rp 20 ribu, sekarang tidak lagi, bahkan  mobil sudah masuk, komentar  ninik mamak Nagari Panyalaian Kairul Fahmi Dt. Majo Basa Nan Gelek – habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here