Hasil Pemeriksaan Sample Spesimen, 15 Warga Sijunjung Terkonfirmasi Covid-19

497

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pada Sabtu (5/9/2020) hari ini, sebanyak 15 warga Sijunjung, Sumatera Barat, terindikasi terkofirmasi Covid-19.

Sijunjung mendudiki rekor terbanyak terkonfirmasi Covid-19 setelah Kota Padang yang mencapai 34 positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar yang dikutif dari laporan pemeriksaan spesimen yang dilakukan Dr. Andani Eka Putra, M.Sc selaku penanggungjawab
tim lab Sumbar.

Dalam lapornya, hasil pemeriksaan spesimen PCR sebanyak 3.057 sample (Lab Fak Kedokteran UNAND 2.801 spesimen dan Lab veteriner Baso Agam 256 spesimen)

Berdasarkan hasil pemeriksaan dimaksud, di dapat hasil sementara pada hari ini (Sabtu-red), terdapat 73 orang terkonfirmasi positif dan conversi 2x negatif sebanyak 10 orang.

Berikut Hasil Positif;

1. Kota Padang 34 orang

2. Kabupaten 50 Kota 1 orang

3. Kabupaten Solok Selatan 1 orang (hasil pemeriksaan di BIM)

4. Kota Bukittinggi 5 orang

5. Kabupaten Sijunjuang 15 orang

6. Kota Payakumbuh 3 orang

7. Kota Pariaman 8 orang

8. Kabupaten Pasaman 1 orang

9. Kabupaten Agam 4 orang

10. Kabupaten Pessel 1 orang

“Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan dan penyesuaian data lebih lanjut, dan umumkan di website resmi pemprov Sumbar, yaitu di https://www.sumbarprov.go.id,”kata Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar.

Hal yang sama juga di akui Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, Rizal Effendi. “Untuk memutus matarantai Covid-19, RTH dan Taman Bukik Gadang ditutup,”kata Rizal Effendi pada Jurnalsumbar.Com, Sabtu (5/9/2020).

Ketika ditanya kapan keterangan resmi disampaikan ke media terkait banyaknya warga Sijunjung terkonfirmasi Covid-19, Rizal hanya menjawab enteng. “Nanti ditanya dulu pada pak Sekda, di Info Publik (media Pemkab) kan sudah ada,”ucapnya.

Padahal info yang beredar, diduga yang terkonfirmasi ada petugas di rumah sakit. Namun sayangnya, Rizal masih bungkam untuk memberikan keterangan pasti.

Sementara Kadis Kesehatan Sijunjung, Drg.Ezwandra yang dihubungi via telepon selularnya pun tak ngangkat. ius