Dilatih BLK Sijunjung, 16 Pencaker Wanita Siap Buka Usaha Sendiri

353

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 16 pencari kerja (Pencaker) wanita asal Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, siap buka usaha sendiri secara mandiri di daerahnya.

Hal itu menyusul setelah sebelumnya ke-16 wanita tangguh asal Kabupaten Sijunjung itu mengikuti pelatihan pembuatan roti dan kue yang diselenggarakan BLK (Balai Latihan Kerja) Padang melalui UPTD BLK Sijunjung.

“Ya, kita telah melaksanakan pelatihan kegiatan peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas selama 15 hari di UPTD BLK Sijunjung,” kata Kadis Tranmigrasi dan Tenaga Kerja Sijunjung, Adlis,MT, melalui Sekretaris Nakertrans Sijunjung, Sungeng Pamular,SP didampingi Kepala UPTD BLK, Gustinus,S.Pt kepada Jurnalsumbar.Com, Selasa (1/12/3020).

Disebutkannya, kegiatan tersebut berlangsung sejak 10 November hingga 26 November 2020 dibuka Kadis Nakertrans Sijunjung. Menggunakan sumber dana APBN Kemenaker, kegiatan tersebut berhasil mencetak Pencaker Wanita Mandiri dan siap bersaing.

“Kegiatan ini adalah angkatan ketiga dengan materi pelatihan membuat kue dan roti. Peserta juga dibekali akomodasi, transportasi dan baju pelatihan serta sertifikat,”tambah Gustinus.

Dengan adanya pelatihan tersebut, selain bisa modal Pencaker, ke-16 wanita mandiri itu juga bisa buka usaha lapangan kerja sendiri. ius