Wisata Pantai Sikabau dan Kepedulian Warganya

1097

oleh. Febra Ardianto

WISATA pantai Sikabau salah satu wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Barat. Ada beberapa wisata pantai ataupun laut yang ada di Pasaman Barat seperti, pantai Sasak, pantai Air Bangis, pantai Maligi, dan pantai Sikabau.

Wisata pantai Sikabau masih jauh tertinggal dari hal pembangunan, tidak seperti wisata pantai Sasak dan pantai air Bangi, walaupun jalan ke sikabau sudah ada tahap pembangunan atau sudah di aspal.

Ketika suatu wisata tidak ada campur tangan Pemerintah Daerah, mustahil suatu wisata tersebut akan berkembang dan maju. Maka dari hal ini perlu Pemerintah Daerah memperhatikan secara khusus wisata pantai Sikabau, agar wisata ini bisa berkembang dan maju,sama halnya dengan pantai Sasak dan Air Bangis.

Tetapi, didalam tulisan ini saya akan menuangkan beberapa pendapat atau solusi-solusi terkait wisata pantai sikabau.

Pertama, ketika pantai Sikabau sudah diperhatikan pemerintah daerah, sudah siapkah Sumber Daya Manusia (SDM) nya ?
Jangan kita berharap, Pemerintah Daerah memperhatikan wisata pantai Sikabau, tetapi apakah masyarakat atau sumber daya manusia nya sudah disiapkan secara matang akan pembangunan yang ada di pantai Sikabau.

Ketika Pemerintah Daerah memberikan perhatian atau uluran tangan dalam membangun wisata pantai Sikabau, berupa bantuan baik dana pembangunann ataupun fasilitas lainnya, apakah SDM nya sudah bisa mengelola dengan baik?, jawabannya ada pada kita sebagai masyarakat atau generasi Sikabau.

Kedua, bagaimana kesiapan para pemangku adat yang ada di Sikabau?

Selain dari sumber daya manusia nya, para pemangku adat sangat ditekankan dalam hal ini, kenapa?, karena mereka punya hak veto (khusus) dalam menentukan kebijakan yang ada di Sikabau, baik dari segi aturan maupun pembebasan lahan. Pemerintah Daerah akan memberikan uluran atau campur tangan dalam soal pembangunan wisata pantai Sikabau, ketika lahan diizinkan untuk dikelola oleh pemerintah daerah, perizinan tersebut di lakukan oleh pemangku adat yang ada di Sikabau yaitu Datuk.

Kettiga, apa yang kita berikan untuk para wisatawan atau pengunjung yang datang ke wisata pantai Sikabau?

Mungkin kita semua pernah pergi ke wisata yang ada Sumatera Barat dalam hal pantai, seperti pantai yang ada di kota Pariaman, wisata pantai Painan. Kalau di pantai Pariaman kita kenal dengan pantai gondoriah nya dan pantai yang ada di Painan kita kenal dengan nama nya cerocok. Dari dual hal pantai tersebut, mereka memiliki hal-hal yang luar biasa yang disuguhkan untuk para wisatawan ataupun pengunjungnya.

Dan bagaimana kita? Jawabannya tanya kepada kita sebagai masyarakat Sikabau. Mungkin kita belum bisa menyamai dengan kelebihan-kelebihan apa yang dimiliki kedua pantai tersebut, tetapi kita bisa belajar bagaimana mereka bisa sesukses itu dalam hal mengelola pantainya.
Dan kemudian didalam wisata harus ada namanya makanan khas atau pakain-pakaian khas daerah tersebut, contohnya saja bagaimana dengan maligi dengan makanan khasnya tiram dan bagaimana usaha-usaha kecilnya seperti pembuatan tikar dari tanaman pandan. Ini bisa menjadi acuan atau contoh bagi kita sebagai masyarakat Sikabau, agar kita bisa juga memberikan kepada para pengunjung tidak hanya keindahan pantai nya,tetapi harus ada kelebihan-kelebihan yang lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya goreskan didalam tulisan ini, ketika ada kekurangan atau yang perlu didiskusikan terkait perihal wisata, supaya dengan banyak nya diskusi-diskusi ini hendaknya bisa membangun kemajuan wisata pantai Sikabau. Dan kemudia ketika ada cara penulisan yang salah, mohon untuk dimaklumi saja , sebab disini saya masih baru dan terus belajar dalam hal penulisan. Dan terakhir semoga dengan tulisan yang singkat ini, bisa hendaknya menyadarkan kita sebagai orang Sikabau, agar perlu persiapan-persiapan yang khusus ataupun matang demi menuju wisata pantai Sikabau agar lebih baik.penulis adalah Anak Nagari Sikabau