Mutasi Diakhir Tahun di Sijunjung, Isunya Dilaksanakan di Keramat, Benny; Bisa Iya dan Bisa Tidak

823
Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi

Reshuffle Kabinet Benny-Radi di Depan Mata! Wabup; Lebih Cèpat Lebih Baik agar Tidak Menghambat Kerja

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Isu “Reshuffle Kabinet Benny-Radi” mutasi jilid II dilingkungan Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, disinyalir akan dilaksanakan di tempat keramat atau di tempat rumah ibadah.

“Saya dengar, mutasi akan dilaksanakan jelang akhir tahun disalahsatu rumah ibadah di Kota Muaro. Kalau itu dilakukan sama saja meniru ditempat lain. Sebaiknya, mutasi dilaksanakan di tempat keramat, seperti di keramat Calau, dan ini akan jadi tonggak sejarah bagi Pemkab Sijunjung agar sumpah jabatan itu tak dianggap main-main,”ujar beberapa sumber.

Lain pula dengan sumber lainnya, justeru bertolak belakang. “Pelantikan pejabat dimanapun dilaksanakan kalau nawaitu nya tak ada niat membangun Sijunjung hasilnya nol. Dan pejabat itu harus berdomisili di Sijunjung,” ujar salah seorang mantan walinagari di Kabupaten Sijunjung yang enggan disebut jatidirinya pada Jurnalsumbar.Com, Selasa (28/12/2021).

“Kebanyakan oknum pejabat di Sijunjung hanya asal bapak senang (ABS) saja. Untuk itu bupati harus menyeĺeksi dengan sebaik mungkin dalam menempatkan posisi jabatan pada pejabat yang diberi amanah,”kata Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk) kepada Jurnalsumbar.Com, Selasa (28/12/2021).

“Sudah seharusnya segera dilakukan, lebih cèpat lebih baik agar tidak menghambat kerja,”kata Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt menjawab Jurnalsumbar.Com, via telepon selularnya belum lama ini.

Kantor Bupati Sijunjung

Menurut Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, mutasi sesuai kebutuhan dan sebuah keharusan.

“Mutasi ini akan menimpa pejabat esselon II dan III dan mereka kan sudah melaksanakan assesmen,”ucap orang nomor dua di Pemkab Sijunjung itu.

“Semua sesuai kebutuhan, kalau bisa semua dirombak,”ucap politisi PPP itu.

Kabarnya, nama-nama pimpinan OPD yang bakal diganti dan digeser pun mencuat. Di antaranya nama Rizal Efendi (Kadis Kominfo) bakal bergeser keposisi lain, begitu juga nama Budi Syafarman (Kadis PUPR), Riki Mainaldi Neri (Kadis Perkim LH), Khamsiardi (Kadis PMN), Ir. Ronaldi (Kadis Pertanian), Nizam Ul Muluk (Kadis Pangan dan Perikanan), Sukri (Kepala BKP SDM) Welfiadril (Kepala Inspektorat), Ezwandra (Kadis Kesehatan), Hasmizon (Sekwan) dan sejumlah pejabat lainnya termasuk pejabat esselon III dikabarkan juga akan bergeser.

Bahkan ada diantaranya akan menjabat esselon II. Sebut saja, nama Kakan Kesbangpol Limas David Ronaldo disebut-sebut akan menjabat sebagai Kadis Kominfo.

Bahkan nama-nama pejabat yang akan menduduki posisi baru dalam reshuffle kabinet Benny-Radi sudah “dikantong” Bupati Benny Dwifa Yuswir.

Sumber lainnya menyebutkan, sejumlah pimpinan OPD yang akan di-reshuffle semuanya ada di tangan bupati Benny.

“Tapi ini belum pasti, Pak Benny yang akan menentukan,” tambah sumber lainnya.

Rumor yang berkembang, ada diantara oknum pejabat minta dukungan dan swaka dari wakil rakyat yang duduk di DPRD. Bahkan ada pejabat yang duduk di DPRD atas permintaan oknum anggota DPRD.

“Ya, gimana lagi, yang minta usulan itu ada dari dewan juga,”kata sumber penting lainnya pada Jurnalsumbar.Com, padahal pejabat yang bersangkutan belum mengikuti assesmen.

“Sekali lagi, soal reshuffle, itu hak penuhnya bupati,”tambah sumber itu lagi.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir tak menapik bakal dilaksanakannya mutasi itu. “Bisa iya dan bisa tidak dilaksanakan mutasi di 2021 ini. Soal dimana dan kapannya lihat saja nanti,”ucap bupati menjawab Jurnalsumbar.Com, Selasa (28/12/2021) mengelak ditanya. “Pokoknya tunggu saja,”tambah jebolan STPDN itu.ius