PT Bukit Asam Dukung Peternak Manfaatkan Lahan Pasca Tambang Untuk Ketersediaan Pakan

345

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – PT Bukit Asam mendukung peternak guna memanfaatkan lahan pasca tambang untuk pengembangan lahan pakan ternak. Lahan 2, 5 hektar di kawasan Kayu Gadang Desa Santur milik PT Bukit Asam Ombilin itu dijadikan areal tanaman rumput dan tanaman pendukung pakan.

General Manager PT Bukit Asam Ombilin Sawahlunto Yufaizon menerangkan dukungan terhadap peternak ini dikarnakan mulai tingginya kebutuhan pakan terkhusus rumbut dan tanaman pendukung ternak.

“Kalau ada lahan yang dibutuhkan guna meningkatkan peternakan maupun usaha produktif lainnya perusahaan akan membantu serta membina melalui program pembinaan dan pendampingan kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk seperti kelompok ternak ini,” kata Yufaizon.

Ketua Kelompok ternak kambing Riki Ekoni sangat apresiasi dukungan PT Bukit Asam yang tak hanya memberikan bantuan serta bimbingan penyuluhan serta memberikan motivasi kepada peternak bahkan lahan bekas tambang bisa dimanfaatkan.

“Motivasi semangat pun juga diberikan saat kunjungan tim kementrian ESDM yang dipimpin Ayi Ruhiat Sukarti didampingi Senior Manager CSR Roy Ubaya dan Asisten Manager CSR PT Bukit Asam Mustafa Kamal saat kunjungan 1 Desember 2021 lalu semakin memberi semangat kita,”kata Riki.

Kita dapat angin segar, sebut Riki bahwa PT Bulit Asam akan tetap berupaya untuk terus berupaya mendamping guna meningkatkan usaha ternak kambing dan sapi ini berkelanjutan.

Asmen Bina Mitra Lingkungan CSR PT Bukit Asam, Mustafa Kamal menyatakan berangkat dari keseriusan para peternak kambing dan domba dikota Sawahlunto ini sudah saatnya pihak perusahaan mendorong masyarakat dilingkungan untuk meningkatkan usahanya.

“Semoga dukungan ini juga menjadi motivasi dalam meningkatkan usaha serta berkembangnya peternakan dikota ini sehingga bisa menopang pasokan daging ternak yang akan berimbas pada kesejahteraan para petani binaan,” pungkasnya. simamora