Tak Segera Diperbaiki, Warga Kamangbaru Sijunjung Ancam Portal Jalan Negara Kiliranjao-Batas Riau

1005

Inilah kondisi ruas jalan Kiliranjao-Baras Riau depan SPBU Kamangbaru

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kondisi ruas jalan negara Kiliranjao – Batas Riau, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, memprihatinkan.

Bahkan hampir disetiap ruas jalannya banyak yang berlobang dan rusak parah. Terutama didepan SPBU Kamang jalannya banyak yang berlobang.

Inilah kondisi jalan tersebut yang sangat memprihatinkan

Parahnya lagi, jalan-jalan itu sudah banyak dilobangi pihak Dinas PU Sumbar, namun tambal sulam itupun hingga kini belum dilakukan.

“Jika jalan-jalan berlobang itu tidak diperbaiki, maka kami selaku warga akan menanam pohon pisang serta akan memportalnya. Sebelum masyarakat melancarkan aksi, kami mohon pada Dinas Pekerjaan Umum Sumbar untuk segera memperbaikinya,”kata Syahbudin Dt Sinaro (Datuk Abu) kepada Jurnalsumbar.Com (17/12/2021) via telepon selularnya.

Syahbudin Dt Sinaro (Datuk Abu) Ketua Forwana Kabupaten Sijunjung

Menurut Datuk Abu yang juga Ketua Forwana Kabupaten Sijunjung itu, kondisi carutmarut buruknya infrastruk jalan negara dan provinsi di Kabupeten Sijunjung, khususnya Kiliranjao-Batas Riau itu sudah berlangsung cukup lama.

“Sebelum masyarakat apatis akibat jalan rusak dan berlobang yang sering membuat pengendara jatuh (pesepeda motor-red), kami minta agar pemerintah dan pihak terkait untuk segera memperbaikinya. Ini semua demi kenyamanan pengendara, baik roda dua, roda empat maupun angkutan lainnya,”tegas Datu Abu yang juga Walinagari Kunpar itu geram.

Camat Kamangbaru Nasruddin

Hal yang sama juga dibenarkan Camat Kamangbaru, Nasruddin. “Kondisi jalan yang berada di bawah bahu rusaknya sudah akut dan parah. Selokannya tidak ada, sehingga dibadan jalan air selalu menggenang. Pemprov hendaknya cepat tanggap atas kerusakan jalan tersebut,”kata mantan Camat Tanjung Gadang itu prihatin, Jumat (17/12/2021).

Sejauh ini belum dapat informasi soal jalan negara Kiliranjao-Batas Riau itu dari pihak terkait Pemprov Sumbar. ius