Turnamen Bola Tangan Antar Pelajar Se-Kota Padang 2021 Diharapkan Jaring Bibit Atlet Potensial

340

JURNAL SUMBAR | Padang – Ajang Turnament Bola Tangan Tingkat Pelajar Se-Kota Padang, Sabtu (11/12/2021) besok dimulai pertandingannya di Hall Rafhely Bypas Padang. Memperkuat persatuan dan kesatuan turut diusung dalam penyelenggaraan kompetisi yang akan diikuti 16 Sekolah SMP se Kota Padang.

Diharapkan turnamen olahraga pelajar tingkat SMP ini di Kota Bengkuang ini menjadi stimulus dan memberi dampak postif terhadap penjaringan bibit olahragawan Kota Padang menuju event-event resmi Pengurus Besar (PB) atau Pengurus Provinsi (Pengprov) ABTI (Asosiasi Bola Tangan Indonesia) baik tingkat provinsi maupun nasional dimasa mendatang.

Hal ini mengemuka dalam bincang Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) ABTI Kota Padang, Manufer Putra Firdaus dengan media ini, Jumat (10/12) sehari turnament tingkat pelajar ini diselenggarakan.

Dalam kesempatan itu, Ketua ABTI Kota Padang yang didampingi salah seorang panita Antoni Rizal mengatakan aktivitas olahraga yang dilaksanakan di lembaga pendidikan bermuara pada pendidikan jasmani dan klub olahraga yang memfasilitasi siswa untuk menyalurkan potensinya agar dapat berprestasi dalam bidang olahraga.

“Menggerakan olahraga sekolah dapat memberikan peluang untuk munculnya atlet pelajar berbakat atau bibit olahragawan potensial, yang dibutuhkan daerah untuk mendukung olahraga prestasi. Turnamen Bola Tangan Tingkat Pelajar Se-Kota Padang insyaallah saya buka secara resmi, Sabtu (besok-red) besok,” turut Manuver Putra Firdaus, yang sehari-harinya Anggota DPRD Kota Padang itu.

Ia menjelaskan konsep turnament yang diikuti 16 sekolah SMP se-Kota Padang itu dipertandingkan untuk kategori putra dan untuk putri, dengan aturan main bolatangan indoor maka melibatkan 7 orang pemain yakni 6 pemain dan 1 penjaga gawang.

Ditambahkannya sebelum turnament ini digelar, Pengkot ABTI Kota Padang terlebih dahulu melaksanakan kegiatan Coaching Clinic dari 29 Nopmber hingga 1 Desember 2021 laluyang diikuti puluhan peserta, dengan pemateri dari Pengprov ABTI Sumbar.

Sementara itu, Antoni Rizal menambahkan selain kehadiran lebih kurang seratusan atlet bolatangan, panitia pelaksana juga melibatkan para pelajar yang dekat dengan lokasi venue pertandingan, seperti pelajar di kecamatan Koto Tangah dan Kuranji.

Untuk pembukaan dibuka secara resmi oleh Ketua Pengkot ABTI Kota Padang, Manufer Putra Firdaus pada Sabtu, 11 Desember, maka penutupan Turnament Bola Tangan Tingkat Pelajar Se-Kota Padang pada, Selasa, 14 Desember 2021 mendatang, memberikan hadiah uang pembinaan dan tropi bergilir Ketua Umum ABTi Kota Padang direncanakan akan ditutup oleh Ketua Umum Pengprov ABTI Sumbar, Suhatri Bur, SE, MM. Silahkan saksikan turnament perdana ini, karena penonton tidak dipungut bayaran atau gratis. Soalnya turnament ini bakal seru juga karena masing-masing tim peserta bakal membawa suporter mereka.agusmardi