Lulus Seleksi dan UKW dari LSPR, 30 Wartawan di Sumbar Dinyatakan Berkompeten, Diantaranya Enam Wartawan Utama

301
Saat Pemred Jurnalsumbar.Com memimpin sidang redaksi dalam UKW bersama wartawan

JURNAL SUMBAR | Padang – Tak sia-sia usaha dan kerja keras 30 wartawan di Sumatera Barat, yang mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers dengan penguji dari London School of Public Relarion (LSPR) Jakarta.

Setelah sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi. Pada Sabtu (5/3/2022) di Mercure Hotel Padang, ke-30 wartawan diantaranya, enam dari 30 wartawan Sumbar itu mengikuti jenjang UKW Utama dan sisanya jenjang UKW Muda semuanya dinyatakan berkompeten dan lulus.

Pengumuman itupun disampaik ketua penguji dari LSPR, Akhmad Edhy Aruman. “Alhamdulillah semua peserta, baik muda maupun wartawan utama berkompten dan layak menjadi wartawan muda dan utama. Meski begitu, jangan lupa untuk terus belajar dan belajar,”kata penguji wartawan utama itu.

Mendengar informasi tersebut semua peserta bersorak dan memanjatkan syukur atas prestasi yang diraih sebagai wartawan muda dan utama yang berkompenten.

Ke-enam calon wartawan utama yang dinyatakan berkompeten dan lulus dalam jenjang UKW Utama itu, diantaranya terdapat nama Saptarius, Pemred Jurnalsumbar.Com, Agusmanto dari Radarsumbar.Com, Andri El Faruqi dari Langgam.id, Joni Hermanto dari Indonesiasatu.co.id, Ardiansyah Lubis dari Radarsumbar.Com dan Rudi Antono dari Scientia.id.

Ke-30 wartawan yang mengikuti UKW yang diselenggarakan sejak Jumat-Sabtu (4-5/3/2022) itu, sesuai surat keputusan Direktur LPKW-LSPR bernomor: 028/SK/LPKW-LSPR/2022, tertanggal 24 Februari 2022, tentang penetapan hasil seleksi UKW Provinsi Sumatera Barat.

Lulus Seleksi LSPR, 30 Wartawan di Sumbar Ikuti UKW, Enam Peserta Wartawan Utama

Alhasil, penguji dari LSPR memutuskan 30 wartawan di Sumbar, diantaranya enam wartawan utama dan 24 wartawan muda berkompetensi lulus sebagai peserta UKW muda dan utama.

Selama UKW, banyak diantara wartawan muda mengaku berdebar-debar. Meski ada diantara penguji agak sangar, tak membuat surut peserta UKW. Berkad yakin, semua peserta dinyatakan lulus.

Bahkan diakhir kegiatan, saling mengungkapkan perasaan diantara peserta pun disampaikan pada para penguji. Begitu pula sebalilnya, penguji juga berwamti-wanti menyampaikan pesan agar wartawan untuk selalu belajar dan belajar.

Kini, ke-30 peserta menunggu sertifikat UKW Muda dan sertifikat UKW Utama bagi enam peserta. Dengan keberhasilan tersebut, banyak diantara jejaring wartawan menyampaikan ucapan selamat.

Seperti halnya yang disampaikan Bupati dan Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah, Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni serta Direktur RSUD Sijunjung, Diana juga menyampaikan ucapan selamat.

Enam Calon Wartawan Utama dinyatakan Ketua Penguji dari LSPR Akhmad Edhu Aruman pada UKU Utama Berkompeten, LULUS

Tak hanya itu, sejumlah relasi pimpinan OPD juga mengucapkan hal yang sama. Bahkan Direktur PDAM Sijunjung, Doni Novreidi,SH dan Dirut PT Marsawa Indah Mandiri, H. Marlen Muslim serta Owner Jurnalsumbar.Com, yang juga Ketua Advokasi JMSI Pusat, Novermal Yuska,SH,MH yang selalu menyuport untuk ikut seleksi itu juga mengucapkan selamat.

“Alhamdulillah, selamat ya pak pemred dan semoga kian sukses,”ucapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih pada pak Marlen Muslim yang mengakomondir kegiatan saya selama di Padang. Saya juga mengucapkan terimakasih pada pak Novermal yang meyakini saya untuk ikut dan begitu pula istri saya yang sangat mendukung. Ini kesempatan terbaik kata istri saya. Padahal saat seleksi itu saya hanya iseng malah lembaran berkas pun saya kirim dengan tulisan tangan. Alhamdulillah saya dinyatakan lulus seleksi dan itupun saya tahu lewat teman saya Indra Yosef ketua PWI Kota Sawahlunto,”ucap sapta begitu panggilan akrab mantan wartawan harian Singgalang dan mantan wartawan Bengkulu Ekspres itu berkisah.

“Tak beberapa lama kemudian, Indra Yosef pun mengirim surat keterangan dari LSPR menyatakan saya lulus seleksi mengikuti jenjang UKW Utama. Setelah saya lihat di email ternyata benar. Dengan waktu mempet, yakni pada Kamis (3/3/2022) langsung saya bersiap-siap. Karena UKW Utama itu dilaksanakan ke-esokan harinya. Bahkan istri saya pun sibuk melengkapi dokumen yang dibawa termasuk dibantu temannya sekantor bernama utazah Vina dan Sari. Jujur, serasa saya bermimpi tanpa ada rencana diwaktu yang mempet saya ikut juga UKW Utama tersebut. Alhamdulillah saya dinyatakan penguji dari LSPR bersama 29 teman lainnya berkompeten dan saya lulus sebagai Wartawan Utama,”papar Mantan Pemred Media Sumbar dan WPU/WPR Lintas Media dan Redaktur binews dan mantan Wartawan Jambi Post, Jarakpos, dan penulis buku Biografi Bupati Yuswir Arifin itu. delvia