PMI Sijunjung Bantu Korban Gempa di Pasaman dan Pasbar, Simak Laporan Rezky Fitra dari Lokasi Gempa

198

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sijunjung ikut membantu dan menyalurkan sembako bagi korban gempa di Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Markas PMI Sijunjung, Rezky Fitra menyebutkan, PMI Sijunjung dalam memberikan bantuan tuntaskan 8 hari membantu pelaksanaan Tanggap Darurat Bencana Gempa Pasaman Barat dan Pasaman tersebut.

Sebelumnya pada Sabtu 26 Februari 2022, PMI berangkat ke pasaman membawa bantuan dengan diberangkatkan oleh Bupati Benny Dwifa bersama relawan lainnya dari BPBD, Tagana dan Pramuka Peduli.

Rezky Fitra ditengah pengunsian korban gempa Pasbar dan Pasaman

“Pada gelombang pertama ini PMI Sijunjung menyalurkan barang bantuan dan juga personel, membantu pendirian tenda pengungsian, salah seorang nakes membantu pelaksanaan operasi patah tulang bagi korban terdampak, pendistribusian air bersih, melakukan assesment dan distribusi logistik ke kantong2 pengungsian,”ujar Rizky kepada Sumbarkini.com pada Senin 7 Maret 2022.

Pada gelombang kedua PMI Sijunjung khusus mensupport kegiatan pelayanan kesehatan dengan mengirimkan 2 orang dokter dan 1 orang perawat, rombongan kedua ini dipimpin langsung oleh dr Edwin Suprayogi, M. Kes yang juga Sekretris PMI Kabupaten Sijunjung yang berangkat dari hari Kamis 3 Maret hingga Minggu 6 Maret 2022, lanjut Rizky.

Dijelaskan Rezky, Dalam pelaksanaannya PMI Sijunjung juga melakukan kolaborasi bersama Persatuan Dokter Keluarga Indonesia ( PDKI ) Prov. Sumatera Barat yang membantu obat – obatan serta tenaga medis.

Kepala Markas PMI Kabupaten Pasaman Barat, Rida Warsa menyampaika ucapan terima kasih kepada PMI Sijunjung yang ikut memberikan bantuan bagi korban terdampak gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat,

“Kami atas nama PMI dan Warga Pasaman Barat berterima kasih yang sebesar besarnya kepada PMI Kabupaten Sijunjung atas respon dan inisiatifnya, kami merasa sangat terbantu dengan 2 kali menurunkan tim bagi pelaksanaan Tanggap Darurat Bancana di Pasaman Barat,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Sijunjung yang juga Sekda Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, Ap. M. Si saat dijumpai diruangan nya Menyampaikan bahwa semaksimal mungkin kita akan berupaya membantu saudara saudara kita di Pasbar dan Pasaman melalui PMI, kita berharap bantuan ini nantinya dapat meringankan beban saudara saudara kita yang terdampak,ujar Zefnihan.andri