Dibuka Wabup Sijunjung, Lomba MTQ Nagari Padanglaweh Selatan Dimulai

221

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka merayakan semarak gempita bulan suci ramadhan, Pemuda Nagari Padanglaweh Selatan, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nagari.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah di Masjid Baiturrahim Jorong Ranah Sigading, pada Selasa (19/4/2022) malam.

Hadir kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung berserta anggota, Redi Susilo dan Zalmiati, Pj Kabag LPBJ Lingkup Setdakab, Defri Antoni, Camat Koto VII, Elko Febri Marola, Ketua BPN Nagari Padang Laweh Selatan, Yosjodi, Wali Nagari Padang Laweh, Jauharuddin, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Nagari Padanglaweh Selatan.

Dalam arahannya, Wabup Iraddatillah mengapresiasi para pemuda nagari Padanglaweh Selatan yang telah menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

“Pemuda merupakan paga nagari, alhamdulillah di nagari padang laweh selatan anak-anak muda bersemangat dalam menyemarakkan bulan ramadhan dengan kegiatan-kegiatan islami seperti kegiatan MTQ ini,” ujarnya.

Selain itu, Wabup bangga terhadap masyarakat nagari padang laweh dan padang laweh selatan atas siar-siar islam yang dilakukan di masjid.

“Walaupun tidak dibulan ramadhan, masyarakat kita di nagari padang laweh dan padang laweh selatan tetap menghidupkan masjid-masjid dengan mengaji atau membaca al-quran, kegiatan ini patut kita pertahankan,”ungkapnya.

Ia mengakui setiap lomba MTQ baik tingkat Kecamatan, dua nagari ini selalu mengirimkan Qori dan Qoriah. Bahkan ada yang mengharumkan Kabupaten Sijunjung dan Sumbar ditingkat Nasional.

“Sudah tiga kali berturut-turut Qori dan Qoriah asal Padang Laweh dan Padang Laweh Selatan juara umum tingkat kecamatan. Tentu melalui kegiatan ini pemerintah menjadikan ajang seleksi untuk MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Solok Selatan nantinya,” tutur Wabup.

Sementara, Pj Wali Nagari Padang Laweh, Feri Ferdian mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh atas terlaksana MTQ di Nagari Padang Laweh Selatan.

“Terima kasih pak Wabup, telah berkenan hadir untuk membuka kegiatan kita pada hari ini. Dengan kehadiran pak Wabup tentu masyarakat begitu antusias dalam mengikuti lomba MTQ,” sebutnya.

Dikatakan Feri, MTQ tingkat nagari ini merupakan yang ke VII dilaksanakan. “Di nagari padang laweh selatan ada 35 masjid dan mushola yang aktif melaksanakan pengajian, salah satunya masjid Baiturrahim masjid tertua dinagari padang laweh selatan ini,” jelasnya.

Kemudian, Ketua Palaksana menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 19-23 April 2022 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan menjalin silaturahim antar sesama serta mencari bibit Tilawatil Quran di Nagari Padang Laweh Selatan,” ungkapnya.

“Adapun cabang lomba yang diadakan seperti tilawah al-quran tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Kemudian, tartil, MSJ, lomba adzan serta lomba tahfiz dengan total biaya Rp. 14.352.000,” pungkasnya.

Terakhir Pemerintah Daerah melalui Wakil Bupati Sijunjung menyerahkan bantuan untuk lomba sebesar Rp. 1.000.000 dan untuk pembangunan Masjid Baiturrahim Rp. 1.000.000. dicko