Percepat Pendataan Dampak Gempa, Bupati Pasbar Hamsuardi Pimpin Rakor

115

JURNAL SUMBAR | Simpangempat – Bupati Pasaman Barat, H Hamsuardi menggagas percepatan penyelesaian data dan penanganan dampak kerusakan akibat gempa bumi tektonik daratan 6,1 SR Kabupaten Pasaman Barat tanggal 25 Februari 2022 lalu.

Dalam keterangan tertulis Bupati Pasbar Hamsuardi kepada media ini, Selasa (19/4/2022) mengatakan dirinya akan langsung memimpin Rakor tersebut mengingat pentingnya rapat tersebut dan kepada peserta yang diundang hadir tidak bisa diwakilkan serta sesuai arahan pemerintah peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskannya, sejumlah dampak yang sesuai dengan perkembangan terkini mesti teridentifikasi, diantaranya kerugian material berupa kerusakan diperlukan pendataan yang akurat.

“Hal ini mendorong Pemkab Pasbar untuk menggelar Rakor dengan kepala dinas terkait dan para walinagari,” ujarnya.

Secara terpisah Kepala Pelaksana BPBD Pasbar, Azhar menjelaskan seluruh instansi terkait di Pasbar perlu menyampaikan informasi, karena informasi menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses percepatan penyelesaian data dan penanganan dampak kerusakan akibat gempa bumi tektonik daratan 6,1 SR tersebut.

Kalak BPBD Pasbar juga menyampaikan BPBD Pasbar memang merupakan ujung tombak pelaksana dalam pengkoordinasian kegiatan penanggulangan bencana kebijakan penanggunggalangan dan penanganan membutuhkan koordinasi dengan instansi lainnya.

“Dengan langsungnya Rakor dipimpin Bupati Pasbar, maka percepatan pendataan akan lebih cepat,” pungkas Kalak BPBD Pasbar, Azhar.agusmardi