Ketua DPRD Pessel Ermizen Desak Kepala Daerah Optimalkan Potensi Unggulan Sektor Pembangunan

111

JURNAL SUMBAR | Painan – Ketua DPRD Pessel, Ermizen desak Bupati dan Wabup Pessel selaku Kepala Pemerintahan Pemkab Pessel mengoptimalkan potensi di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, perkebunan dan pariwisata. Selanjutnya, diharapkan kepada Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati Rudi Haryansyah untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik baiknya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan profesional.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Pessel Ermizen saat memberikan pidatonya pada Peringatan Hari Jadi (HJK) Kabupaten Pesisir Selatan ke-74 yang digelar Kamis (14/4), yang juga bertepatan pada bulan suci ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 yang berlangsung secara khidmat dan sederhana. Dia berpidato dihadapan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, Bupati Dharmasraya, Sultan Riska Tuangku Kerajaan, Walikota Pariaman Dr Genius Umum, Ketua Umum DPW PKPS Sumbar, H Budi Syuku, para wakil ketua dan anggota DPRD Pessel, anggota Forkopimda, dan sejumlah tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan lainnya.

Ermizen politisi muda Partai PAN itu mengungkapkan bahwa peringatan HJK Ke-74 ini merupakan wujud rasa syukur, dan sekaligus momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi tentang sejauh mana pelaksanaan pembangunan yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Ermizen dari Dapil I Pessel (Tarusan dan Bayang) ini, peringatan hari jadi kabupaten yang dilaksanakan setiap tahun juga memiliki makna yang sangat dalam, mengandung nilai sejarah dan memberikan motivasi kepada segenap elemen untuk mempersembahkan yang terbaik untuk kabupaten ini.

Menurutnya, peringatan hari jadi kabupaten bukan hanya sekedar euforia, tapi jauh lebih penting adalah memaknai filosofi yaitu “jangan tanyakan apa yang diberikan Kabupaten Pesisir Selatan kepada kita, tetapi tanyakan apa yang telah kita berikan untuk Kabupaten Pesisir Selatan ini”.

“Dengan memperingati hari jadi kabupaten ini, maka dapat meningkatkan kecintaan kita kepada daerah, sehingga berupaya untuk mewujudkan kemajuan Pesisir Selatan ke depan. Peringatan hari jadi ini juga dapat mengenang kembali masa lalu tentang apa saja yang telah diperbuat untuk daerah selama ini,” katanya.

Melakukan evaluasi yaitu mengisi masa sekarang dengan membangun kabupaten yang lebih baik, mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Menatap masa depan dengan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kemajuan Pesisir Selatan, meminimalisir segala kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Momentum hari jadi kabupaten hendaknya dapat membangun tekad bersama untuk Pesisir Selatan yang lebih maju ke depan.

“Mari kita optimalkan segenap potensi yang ada dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan terlihat ada yang menggembirakan, namun jangan sampai terlena dengan keberhasilan-keberhasilan yang diraih, akan tetapi teruslah melakukan introspeksi dan evaluasi pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” harapnya. agusmardi