Laporan Darwen; Didatangi Wagub Sumbar dan Wabup Sijunjung Warga Pematangpanjang Itu Terharu Berlinang Airmata

774

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Minggu 10 April 2022 merupakan hari yang mengejutkan sekaligus membahagiakan bagi Rosmaniar (51th), warga Nagari Pematangpanjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Pasalnya pada hari itu, tiba-tiba saja rumah reyotnya didatangi seorang lelaki muda gagah yang ternyata adalah Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.

Keterkejutan Rosmaniar bertambah lagi ketika Uda Wagub itu bertanya ini dan itu tentang keluarga Rosmaniar. Itu pula yang menyebabkan Rosmaniar nampak tidak bisa menahan derai air matanya. Ia terkejut dan gembira dengan kedatangan orang kedua Sumatera Barat ini.

Rasa terkejutnya bertambah lagi ketika Uda Audy juga memberikan bantuan uang senilai Rp 25 Juta kepada Rosmaniar. “Terimakasih Pak… Terimakasih Pak…” ujar Rosmaniar terbata-bata..

r

“Jangan kepada saya Ibu berterimakasih. Bantuan ini bukan dari saya ya Bu. Ini dari pemerintah daerah dan warga Sumatera Barat yang disalurkan melalui Baznaz Sumbar,” ujar Wagub jujur, sambil menyerahkan bantuan itu secara simbolis.

Sontak Ibu dua orang anak itu terharu. Tangannya gemetar menerima bantuan itu dari Wagub.

Ia juga tak kuasa menahan tangis. Selain tidak menyangka akan dikunjungi Wagub Audy bersama rombongan Safari Ramadan di rumahnya, ia juga tak menyangka bakal mendapat bantuan bedah rumah.

Pada kesempatan itu, Wagub juga menanyakan kondisi pendidikan bagi dua putra-putri Rosmaniar yang ternyata masih sekolah. Dijelaskan Rosmaniar, anak yang paling besar Deli Susanti sekarang kelas enam SD sementara anak yang kedua Eki Sumardi kelas 4 SD.

Wagub perpesan kepada putra putri anak Rosmaniar agar rajin belajar supaya jadi orang sukses dan jangan pernah bolos di sekolah. Wagub juga memanggil Wali Nagari Pematang Panjang Rio Suzandi agar memberi tahu kalau ada anak – anak ini butuh sesuatu nantinya.

“Kasih tahu ke saya ya Pak Wali. Atau juga bisa melalui Pak Wabup,” ujar Wagub Audy yang dijawab spontan oleh Wali Nagari, ”Baik Pak.. Baik…” ujar Rio sedikit gugup

Melihat rumah Rosmaniar yang sudah reyot siapa pun pasti akan tersentuh hatinya. Itu sebabnya Wagub langsung memberikan arahan kepada Kepala Dinas Sosial Sumbar Arry Yuswandi. Ia minta agar juga menyalurkan bantuan pendidikan bagi anak-anak Rosmaniar. Arry pun segera menyatakan kesediaan dengan memberikan beberapa keterangan tambahan.

“Kita akan berikan bantuan agar anak-anak Ibu terus sekolah. Tapi ada syaratnya. Kalau sudah diberi bantuan, nanti sekolahnya harus sampai selesai. Tidak boleh berhenti di tengah jalan,” tutur Arry disambut anggukan Rosmaniar dan suami serta diikuti putra-putrinya.

Selepas menyerahkan bantuan bedah rumah dan bingkisan, Wagub Audy Joinaldy, didampingi Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, beserta rombongan Kepala OPD dan unsur Forkompimda lainnya menuju ke Samsat Sijunjung untuk pengecekan lokasi bangunan. Setelah itu mereka baru menuju rumah dinas Wabup untuk berbuka puasa.

Kedatangan Wagub ke rumah Rosmaniar ini juga masih dalam rangkaian Safari Ramadan Pemprov Sumbar. Selain untuk menjemput aspirasi masyarakat, sekaligus memberikan bantuan baik untuk bedah rumah maupun untuk masjid dan mushalla yang dikunjungi.

Sebagaimana bantuan bedah rumah yang diberikan oleh Gubernur Buya Mahyeldi, para penerima bantuan umumnya tidak pernah diberi tahu sebelumnya. Itu sebabnya suasana kedatangan dan penyerahan bantuan terasa lebih natural dan tanpa rekayasa.wen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here