Bahas Verifikasi Persiapan Menuju Swasti Saba Wistara 2023, Forum Kabupaten Sijunjung Sehat Gelar Rapat

167

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS), Sumatera Barat, pada Kamis (12/5/2022) menggelar rapat internal dalam rangka persiapan verifikasi menuju Swasti Saba Wistara tahun 2023.

Rapat internal itu berlangsung di sekretariat FKSS Muaro Sijunjung dan membahas berbagai hal tentang persiapan verifikasi menuju Swasti Saba Wistara 2023.

Ketua FKSS Fajar Seftrian, SE mengatakan, kegiatan rapat bertujuan untuk mempersiapkan verifikasi menuju Swasti Saba Wistara pada tahun 2023 serta melakukan kunjungan ke nagari-nagari.

“Untuk persiapan verifikas, kita harus bisa mengumpulkan data data teruatama yang ada di OPD, karena ada tantangan baru, tantangan lebih besar dan lebih berat lagi sehingga perlu adanya sinergitas, kolaborasi dari semua unsur,” jelas fajar diamini anggota sekretariat FKSS.

Apalagi adanya sinyalemen ada dugaan terjadinya kasus gizi buruk di Desa Kampungbaru, Kecamatan Kupitan.

“Dari laporan dari Desa Kampungbaru, dikabarkan ada kasus gizi buruk, nah untuk itu perlu kita cek kesana,”kata Fajar saat gelar rapat dengan anggota sekretariat FKSS.

“Setelah terbentuk Tim, FKSS akan segera ke nagari-nagari untuk melakukan monitoring. Kita harus gerak cepat dalam rangka persiapan verifikasi menuju Swasti Saba Wistara pada tahun 2023,”papar Fajar.

Menurut Fajar, terdapat 10 tatanan baru dan juga ada tambahan yang harus dipersiapkan serta  adanya perubahan. Kalau dulu berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) dua Menteri sedangkan sekarang menjadi Peraturan Presiden (Perpres) sehingga tantangannya lebih berat.

“Nah, untuk menggapai semua itu perlu adanya sinergitas, kolaborasi dan pemimpin yang kuat dari semua unsur dan Open Defaction Free (ODF) masih menjadi persyaratan yang harus perjuangkan di tahun 2023 guna meraih Swasti Saba Wistara ,” tandasnya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat juga akan segera digelar rapat koordinasi (Rakor) bersama semua OPD terkait. Kapan Rakornya, sejauh ini Fajar belum menjelaskan.

“Yang jelas dalam waktu dekat segera digelar Rakor, namun sebelum itu, ada tiga Tim FKSS akan segera turun ke-sejumlah nagari-nagari,”terang Fajar. *