Tampil sebagai Narasumber di Rakor Forikan se-Sumbar, Ini yang Disampaikan Istri Bupati Sijunjung

305

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa menjadi pembicara (Narasumber) pada Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumbar, Jln. Sudirman No 48 Padang pada Senin 30 Mei 2022.

Rakor yang diadakan Forikan Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sumbar dalam rangka mensinergikan program/kegiatan forikan dengan Kabupaten/Kota se Sumbar ini dibuka oleh Ketua Forikan Sumbar, Ny. Hj. Harneli Mahyeldi

Dalam penyampaian materinya, Ny. Riri Benny Dwifa menyampaikan gambaran umum Kabupaten Sijunjung yaitu dengan luas wilayah 3.130.8Km2 dengan topografi berbukit dan bergelombang, terdiri dari 8 kecamatan, 61 nagari dan 1 desa dengan jumlah penduduk 214.360 jiwa.

Disampaikan Riri bahwa di Kabupaten Sijunjung memiliki potensi sumber daya perikanan dengan 3 kawasan pengembangan perikanan diantaranya di Kecamatan Sumpur Kudus dengan jenis ikan mas, patin, gurami dan baung, di Kecamatan Lubuk Tarok terdapat Lele dan Nila serta di Kecamatan Kamang Baru ikan Nila.

“Potensi perikanan terbanyak di sungai dengan luas 2.517.85Ha dengan jumlah produksi perikanan mencapai 3.457,90 ton,”ujar Riri

Dikabupaten Sijunjung jelas Riri, Struktur organisasi forikan melibatkan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dagperinkop dan UKM, serta Dinas Kominfo. Forikan juga didukung oleh surat edaran Bupati Sijunjung tentang gemarikan, himbauan bupati, Ketua DPRD, Ketua Forikan. Juga dilakukan pencanangan kesepakatan Gemarikan tingkat Kabupaten Sijunjung pada tanggal 15 Oktober 2012 sekaligus hari makan ikan tingkat Kabupaten Sijunjung.

“Saat ini di Kabupaten Sijunjung telah dilakukan pengukuhan pengurus forikan tingkat kabupaten, kecamatan, nagari hingga jorong. Dari 61 nagari dan 1 desa telah di SK kan. Dalam pelaksanaan program/kegiatan, forikan memiliki visi misi dan moto yaitu”tiada hari tanpa makan ikan” yang terus dijadikan penyemangat dalam memenuhi gizi masyarakat,”jelas Riri.

Riri juga menambahkan bahwa Kabupaten Sijunjung juga pernah pecahkan rekor MURI dengan kegiatan 1000 kreatifitas anak PAUD dalam pengenalan olahan kerupuk ubi rasa ikan dan rakor muri APE murid PAUD.

“Sejauh ini peningkatan konsumsi ikan perkapita di Kabupaten Sijunjung meningkat dari tahun 2014 sebanyak 34,47% dan sekarang ditahun 2021 menjadi 38,19%. Sebelumnya Kabupaten Sijunjung berhasil menjadi Juara Forikan 3 tahun berturut turut dari tahun 2014 sampai dengan 2016 dan tahun 2019 memperoleh penghargaan forikan terbaik tingkat Nasional sehingga Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung diundang menjadi narasumber pada rakor tingkat provinsi Sumbar yaitu pada tahun 2015, 2016, dan 2022 ini.

Selain Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Narasumbar pada Rakor tersebut adalah Wakil Ketua Forikan Nasional, Soen’an Hadi Purnomo dan Dosen Poltekes Padang, Dr. Eva Yulianto. Rakor tersebut juga diikuti oleh pengurus Forikan Provinsi Sumbar, Ketua dan Pengurus Forikan Kabupaten/Kota se Sumbar, Kepala Dinas Kab/Kota se Sumbar termasuk Plt Kadis Pangan Perikanan Sijunjung, Arwilson dan Kabid Penguatan Daya Saing Perikanan (PDSP) Dinas Parperi, Firdaus.andri