Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Siap Melaksanakan MTQ KORPRI ke-IV Nasional

538

JURNAL SUMBAR | Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus berbenah mematangkan persiapan jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-VI tingkat nasional tahun 2022 yang akan digelar di kota Padang November nanti.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Hansastri, selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQ Korpri ke-VI Nasional, menyatakan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan jelang perhelatan akbar yang diperkirakan akan menghadirkan sedikitnya 2.000 peserta dan official se tanah air tersebut.

Beberapa persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, menurut Hansastri diantaranya terkait lokasi pembukaan yang direncanakan diadakan di Istana Gubernuran. Sedangkan penutupan akan dilaksanakan di Mesjid Raya Sumatera Barat.

“Untuk venue lomba telah disiapkan 8 lokasi yaitu Mesjid Raya Sumbar, Mesjid Al-Hakim, aula Kantor Gubernur, aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, aula UIN Imam Bonjol, aula SMAN 1 Padang, aula Dinas Kebudayaan dan Labor Komputer BKD Sumbar,” ungkap Hansastri, saat melaksanakan koordinasi dengan Ketua KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrulloh, di Ruang Rapat Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Jl. Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

Dalam koordinasi terkait kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah MTQ Korpri Nasional tersebut, lebih jauh Hansastri menjelaskan bahwa untuk pendanaan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ini dianggarkan pada APBD Perubahan Provinsi SumbarTahun 2022. Sementara Kepanitiaan melibatkan semua perangkat daerah dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

“Adapun jadwal pelaksanaan MTQ yang disepakati adalah tanggal 6 sampai 13 November dengan melibatkan 2.000 orang PNS Kementerian/Lembaga/Instansi/ Daerah yang terdiri dari peserta, dewan hakim, official, tamu undangan dan panitia,” lanjut Hansastri.

“Kita siap menyukseskan pelaksanaan MTQ VI KORPRI Tahun 2022 di Kota Padang sebagaimana kita telah sukses melaksanakan MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020,” kata Hansastri optimis.

Ketua KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrulloh, mengapresiasi langkah persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

“Kita berharap launching MTQ VI KORPRI Tahun 2022 dapat kita laksanakan pada minggu kedua bulan Agustus 2022 di Padang sehingga partisipasi peserta dapat meningkat dibandingkan MTQ V KORPRI di Kendari pada Tahun 2021 lalu karena Kementerian/ Lembaga/ Instansi dan Daerah punya waktu yang cukup untuk menyiapkan anggaran pengiriman kafilah”, ujar Zudan.

Ikut mendampingi Sekretaris Daerah dalam pertemuan tersebut Asisten Administrasi Umum Andri Yulika, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Ahmad Zakri dan beberapa Pejabat Administrator dan fungsional di lingkungan Sekretariat Daerah dan Badan Kepegawaian Daerah dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar.

Turut hadir pula dari Dewan Pengurus KORPRI Pusat hadir Kepala Biro Umum dan Kepala Biro Humas KORPRI dan perwakilan Kementerian Agama.(Dr/MMC) Dinas Kominfotik Sumbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here