Terima Penghargaan HAKLI, Ini Kata Wakil Bupati Sijunjung

188

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si terima penghargaan dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) karena telah berhasil melaksanakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) dalam percepatan penurunan stunting (indikator; 100% ODF terverifikasi Dinkes Provinsi Sumbar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum HAKLI, Prof. Dr.H, Arif Sukantri, S.Km, M.Kes dan diterima Bupati Sijunjung diwakili Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah S.Pt di Auditorium Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes Kemenkes), Jn. Raya Siteba, Surau Gadang, Kecamatan Naggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu 10 September 2022.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan dalam acara Seminar Nasional “Kemitraan Strategis Organisasi Profesi HAKLI pada lintas sektor dan lintas program dalam mewujutkan percepatan penurunan stunting dan open Defecation Free (ODF) tahun 2024” serta pelantikan pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat periode 2022-2027 dan Sumpah Profesi Tenaga Sanitasi Lingkungan yang dibuka oleh Ketua UMUM PP HAKLI Prof. Dr.H, Arif Sukantri, S.Km, M.Kes.

Penghargaan yang diterima Bupati Benny Dwifa ini bersamaam dengan 11 Bupati dan Wali Kota se Sumatera Barat beserta Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansyarullah, SP diantaranya, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Wali Kota Solok, Zul Elfian, Wali Kota Payakumbuah, Riza Falepi, Walikota Bukittinggi, Erman Safar Walikota Padang, Hendri Septa, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Walikota Pariaman, Genius Umar, dan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta.

Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes. mengucapkan terima kasih atas peran serta pemerintah daerah dalam mendorong masyarakat hidup sehat dan senantiasa memberikan pengarahan dalam menghadapi wabah penyakit berbahaya.

“Penghargaan HAKLI selaras dengan komitmen global serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang telah menjadi bagian dari program HAKLI. Program yang dikembangkan HAKLI berkaitan erat dengan program Dinas Kesehatan terutama dalam menangani penurunan angka stunting serta membantu persoalan kesehatan masyarakat seperti penanganan penyakit malaria, DBD dan masalah lingkungan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Ezwandra, M.Sc usai penerimaan penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada HAKLI atas penghargaan yang telah diberikan kepada Bupati Sijunjung. Penghargaan yang diraih tersebut merupakan upaya sinergitas dan kolaborasi dari Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung sebagai bagian dalam melayani masyarakat.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, Kabupaten Sijunjung akan lebih baik lagi dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera serta paham akan pengetahuan dibidang sanitasi lingkungan,” jelas Wabup Iraddatillah.

Turut hadir pada acara tersebut, Dirjen Tenaga Kesehatan, drg. Arianti Anaya, MKM, Ketua Komisi V DPRD Prov Sumbar, H. Daswanto, Pengurus HAKLI, Perwakilan Kepala Daerah penerima penghargaan serta Tenaga Sanitasi Lingkungan se- Sumatera Barat.andri