Gerakan Nasional Aksi Bergizi Untuk Anak di Louncing di MTsN 2 Sawahlunto, Ini Laporannya

222

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Wakil Walikota Sawahlunto, Sumbar, Zohirin Sayuti secara resmi melounching Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk anak, yang dipusatkan di MTSN 2 Kota sasawahlunto, yang di tandai dengan pelepasan Balon bersama, pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan, kegiatan nasional aksi bergizi disekolah secara serentak ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia, termasuk di Kota Sawahlunto.

“Pembangunan Sumber Daya manusia sangat penting sekali apalagi Indonesia sudah mencetuskan bahwasanya nanti ditahun 2045 Indonesia harus memiliki bonus demografi, dimana usia produktif semakin besar, jika sekarang usia produktifnya hanya mencapai usia 58 tahun, namun di tahun 2045 nanti, masa produktifnya bisa saja sampai usia 65 hingga 70 tahun, maka itu aksi bergizi ini sangat diperlukan, kalau kurang gizi tentu tidak akan sehat dan tidak semangat, untuk itu biasakan sarapan pagi dan mengkonsumsi menu yang berimbang,” tutur Wakil Walikota menjelaskan.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil kalikota juga mengapresiasi langkah yang dilaksanakan melalui kegiatan ini, terkait penambahan tablet tambah darah kepada remaja putri,yang bertujuan untuk meminimalisir perempuan usia muda mengalami anemia.

Terkait unttuk pemberian tablet tambah darah ini, Wakil Walikota juga meminta agar dibentuk tim yang bertugas mengkoordinasikan , mensinergikan dan mengevaluasi pemberian tablet tambah darah yang sudah di bagi ini sehingga pemberian tablet ini betul betul dimanfaatkan sebaik baiknya tentunya dibwah pengawasan guru dan tenaga kesehatan secara efektif.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian agama kota Sawahlunto Dedi Wandra menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah kota Sawahlunto yagn telah mempercayakan MTSN 2 Kota Sawahlunto sebagai lokasi pusat penyelenggaraaan Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk anak di Kota Sawahlunto.

Disampaikan, tidak hanya siswa madrasah, siapaun sekarang ini tentu butuh akan kesehatan, tentunya melalui kegiatan yagn dilakanakan di MTSN 2 kota Sawahlunto ini dapat menjadi motivasi dan meningkatkan pengetahuan bahkan meningkatkan aksi untuk hidup sehat khusussnya siswa siswi dan keluarga besar MTSN 2 Sawahlunto .

Dalam kegiatan ini juga dilakukan senam bersama, aksi Cuci tangan Pakai Sabun besama, yang dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dan pembagian tablet tambah darah ,yang di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Sawahlnto, Kepala Kantor Kementrian Agama, Kepala bank Nagari Cabang Sawahlnto, Kepala Puskesmas Sungai Durian dan undangan lainnya. (Yoa)