Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda, Gubernur Mahyeldi: Pemuda Hari Ini Pemimpin Masa Depan

133

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, pada Jumat (28/10/2022) pagi.

Peringatan yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Forkopimda Sumbar, dan Kepala OPD se-Sumbar dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), yang dibacakan Gubernur Buya Mahyeldi, disampaikan bahwa peringatan sumpah pemuda menjadi momentum penting bagi bangsa indonesia untuk dapat memegang teguh pentingnya persatuan.

“Kompak, bersatu dan berkolaborasi, hukumnya adalah wajib. Hal tersebut merupakan perintah Allah, berpecah belah itu dilarang dan haram hukumnya. Seperti Allah berfirman dalam al-quran, jangan kamu menjadi seorang musyrik yang suka memecah belah,” ujar gubernur.

Gubernur juga menyampaikan,
hal yang dilakukan oleh pemuda masa sekarang akan menjadi penentu bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Oleh sebab itu ia berpesan kepada pemuda untuk mempersiapkan diri menjadi pemuda generasi emas Indonesia di tahun 2045 kelak.

Ditambahkan gubernur, bersatu merupakan harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh bangsa yang berperan di masa depan. Gunakan waktu terbaik untuk menjadi generasi emas bangsa indonesia di masa depan, berikan niat, waktu, dan pikiran terbaik untuk menghadirkan kepemimpinan di masa depan. Mari saling berkontribusi untuk memberikan kebaikan,” seru gubernur.

Gubernur juga mengajak kepada seluruh kepala SKPD untuk memberikan perhatian kepada kemajuan pelajar di sumbar, agar mereka siap menjadi orang-orang hebat seperti tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Minangkabau sebelumnya.

“Mari kita lahirkan kembali tokoh-tokoh nasional seperti di zaman kemerdekaan 1945, dan untuk para pemuda mari kita tingkatkan kekompakkan, tunjukkan prestasi, karena pada tahun 2045 kalianlah yang akan jadi pemimpin,” tegas gubernur.

Selain itu Gubernur Buya Mahyeldi juga memberikan hadiah kepada pemuda pelopor tingkat provinsi Sumbar tahun 2022. Pemuda pelopor di Bidang Pendidikan diraih oleh Zikrul Husnah (Kota Padang Panjang), Putri Mulya (Kota Padang), M. Iqbal Harpennas (Kab. Limapuluh Kota). Di Bidang Sosial dan Budaya, Zulfikar Rizki (Kota Solok), Roby Hably (Kab.Limapuluh Kota), Rio Friyadi (Kota Bukittinggi).

Gubernur juga memberikan penghargaan kepada Pemuda Pelopor bidang sumber daya alam dan lingkungan kepada Fadhilul Qosasi (Kota Payakumbuh), Dedi Setiawan (Kota Padang), Govinda Yuli Efendi (Kab. Sijunjung). Sedangkan di bidang Inovasi dan Teknologi Pemuda Pelopor disematkan kepada M. Ikhsan (Kota Payakumbuh), Nurul Afdal (Kab. Limapuluh Kota), Guswandi (Kab.Sinjunjung).

Sedangkan pemenang kompetisi kegiatan Public Politicy Hackathon Provinsi Sumbar adalah Kelompok II ASN dari Kota Pariaman, yaitu Reza Novandri, Yulia, Risse Seprima, dan Muhammad Fajri. (Via/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar