Nirwansyah, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Dari Sijunjung Juara 2 Sayembara Penulisan Artikel

274

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Nirwansyah, seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah-Jakarta dari Kabupaten Sijunjung berhasil menjadi Juara 2 Sayembara Penulisan Artikel yang diadakan oleh Maarif Institute di Jakarta pada Kamis (27/10/2022).

Nirwansyah berhasil menjadi Juara 2 Sayembara Penulisan Artikel dengan judul “Demi Kemerdekaan, Kesetaraan dan Kebhinekaan”.

Maarif Institute menggelar Sayembara Penulisan Artikel dan Sayembara Pembuatan Video Pendek berhadiah puluhan juta rupiah dengan tema “Keadilan Sosial, Toleransi, Kebangsaan, Non Diskriminasi dan Kesetaraan”.

Sayembara ini dilaksanakan mulai 5 September hingga 7 Oktober 2022 dan pemenangnya diumumkan tadi malam di Jakarta.

Ketika dihubungi topsumbar.co.id siang ini Jumat (28/10) bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Nirwansyah tak dapat menyembunyikan kegembiraannya.

“Tentu senang dan tidak menyangka akan masuk 3 besar” ujar Nirwansyah yang juga putra Nagari Limo Koto ini.

“Rasa syukur dan terimakasih banyak kepada keluarga beserta semua pihak yang terlibat dalam memberikan dukungan, baik itu langsung maupun tidak langsung” lebih lanjut Nirwansyah meneruskan.

“Semoga apa yang telah diwariskan Buya bisa kita lanjutkan dan mengamalkan keteladanan yang telah dicontohkan khususnya bagi generasi muda” tambah Nirwansyah yang juga kader Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) ini.

“Untuk itu perlu ikhtiar bersama untuk menyebarluaskan warisan-warisan Buya yang teramat banyak kepada kehidupan berbangsa, sehingga bisa melahirkan buya-buya dan maarif-maarif baru” ujar Nirwansyah.

Nirwansyah mengikuti Sayembara Artikel Tingkat Mahasiswa Strata 1 dengan tema “Pancasila Dalam Tindakan: Mengenang Buya Syafii Maarif, Guru Kemanusiaan Penjaga Panggung Kebhinekaan”.

Sebagai Juara 1 diraih oleh Karunia Hagenta dari Universitas Indonesia dengan judul artikel “Sayap Patah Garuda: Tafsir Berkemajuan Pancasila Ahmad Syafii Maarif”.

Sementara Juara 3 dicapai oleh Muhammad Ghifari seorang mahasiswa Al Azhar University, Cairo, Mesir dengan judul artikel “Islam, Kebhinekaan dan Toleransi di Era 4.0, Refleksi Pembaruan Islam Ahmad Syafii Maarif”.

Pada kesempatan ini juga diluncurkan 3 buku yang berisikan pikiran-pikiran Ahmad Syafii Maarif.

Ke-3 buku tersebut berjudul “Bulir-Bulir Refleksi Sang Mujahid” (Kompas, 2022), “Indonesia Jelang Satu Abad, Refleksi Tentang Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan” (Mizan, 2022), dan “Al-Quran Untuk Tuhan Atau Manusia?” (Suara Muhammadiyah, 2022). (Gun)