MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Sijunjung, Camat; Kupitan Siap sebagai Tuan Rumah yang Baik

293
Zainuddin, Camat Kupitan

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kalau tidak ada aral melintang, rencananya musabaqoh Tilawatil qur’an (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, bakal segera digelar.

Perhelatan MTQ itu sendiri dilaksanakan di Kecamatan Kupatan. “Kami selaku tuan rumah siap menjadi tuan rumah yang baik. Siap sukses selaku penyelenggaraan dan siap merebut prestasi,”kata Camat Kupitan, Zainuddin Usman,SE kepada Jurnalsumbar.Com, Kamis (17/11/2022).

Disebutkannya, MTQ Nasional tingkat Kabupaten Sijunjung itu akan diikuti utusan delapan kecamatan dan direncanakan akan dibuka Wagub Sumbar dan dihadiri Bupati-Wabup, Sekdakab, Forkopimda, para OPD dan undangan lainnya akan tumpah.

“Pembukaanya dilaksanakan di Lapangan Bolakaki Padangsibusuk pada Sabtu (19/11/2022-red) usai sholat zuhur. Pembukaan akan dimeriahkan dengan tari pasambahan oleh para siswa/siswi SMK 5 Sijunjung,”papar Zainuddin.

Disebutkannya, MTQ Nasional itu akan memperlombakan sembilan cabang lomba. Seperti, cabang Tilawah TK dan Anak-Anak di Masjid Ikhlas Simancuang. Tilawah Remaja, Dewasa dan Qira’at Saba’ah di Masjid Al-Furqon Padangsibuauk.

Tahfis 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz Tilawah di Masjid Jami’ Padangsibusuk, Tahfiz 1 Juz, 5 Juz dan 20 Juz Non Tilawah di Masjid Al-Hidayah Kampungbaru.

Tartil Dasar, Menengah dan Tartil Umum di Masjid Amaliah Pamuatan. MSQ dan Khutbah Jum’at di Masjid Taqwa Batumanjulur. KTIQ di MAN 2 Sijunjung. MFQ di SDN 12 Padangsibusuk dan Bintang Qasidah di UDKP Kecamatan.

” MTQ Nasional ini akan berlangsung dari 19 – 22 November 2022. Para kontingen akan diinapkan di pemondokan kafilah dan dewan hakim di rumah-rumah penduduk di Padangsibusuk,”terang mantan Kabid Keuangan RSUD, dan mantan Kabid Pengolaan Pendapatan BKAD Pemkab Sijunjung itu.*