Berhasil Melakukan Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD, Direktur PDAM Sijunjung Raih Anugerah Award Top BUMD 2023

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Sijunjung, Sumatera Barat, Doni Novriadi, SH, berhasil menorehkan prestasi gemilang dikancah nasional.

Setelah berhasil membuat PDAM Sehat dengan laba hingga Rp2 miliar, kini perusahaan daerah air minum yang dipimpin mantan Ketua DPC Gapensi Sijunjung itu berhasil meraih Anugerah Award Top BUMD 2023—diberikan kepada BUMD (badan usaha milik daerah) unggulan dari seluruh Indonesia, termasuk PDAM—yang dibidani—Doni Novriadi, SH.

“Usai berbuka puasa saya akan naik panggung untuk menerima penghargaan
Anugerah Award Top BUMD 2023, dengan kategori Melakukan Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”.

“Alhamdulilah, Perumda Air Minum Tirta Sanjung Buana mendapatkan penghàrgaan TOP BUMD Awards 2023, kategori Inovasi dalam membangun kinerja bisnis dan layanan BUMD,”ucap Doni usai menerima penghargaan.

“Anugerah Award Top BUMD 2023 ini merupakan keberhasilan kita semua. Baik karyawan, Pemkab dan juga masyarakat,”ucap abang, begitu sapaan akrab Direktur PDAM Sijunjung itu.

Untuk diketahui, puncak acara penganugerahan penghargaan Top BUMD Awards 2023 tersebut digelar sejak Rabu (5/4/2023) siang hingga malam, di Dian Ballrom, Hotel Raffles Jakarta.

Penghargaan Top BUMD Awards diberikan kepada BUMD (badan usaha milik daerah) unggulan dari seluruh Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap termasuk PDAM Sijunjung.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Kegiatan itu juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” kata Lutfi.

Menurut Lutfi, kegiatan Top BUMD Awards 2023 ini dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.
Sebagai informasi, bahwa majalah Top Business juga menjadi mitra Kementerian Dalam Negeri RI dalam penyelenggaraan Innovative Government Award (IGA).

Ada beberapa kategori penghargaan diberikan kepada para pemengang Top BUMD Awards 2023. Pertama adalah Top BUMD Awards Klasifikasi Level Bintang 1-5 dari berbagai sektor usaha antara lain BPD/BPR/BPR BKK/BPRS/PDAM/Jamkrida/Pasar Daerah/RSUD/BLUD/BUMD Aneka Usaha/Dinas Pemda (Dinas Pemda yang membawahi atau mengelola Badan Usaha di daerah karena belum dibentuk BUMD yang menangani usaha terkait).

Selain itu, ada Penghargaan Kategori Khusus, Top of the Top BUMD 2023, Golden Trophy (Peraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut), Top CEO BUMD 2023, dan Top Pembina BUMD 2023 (Gubernur, Walikota, Bupati).

“Penghargaan kategori Top Pembina BUMD diberikan kepada Gubernur, Bupati atau Walikota yang BUMD-nya mendapat penghargaan, karena keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya,” tutur Lutfi.

Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis Top BUMD Awards 2023 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan (achievement). Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvemen/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

Selaku Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023 tersebut adalah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA yang juga Mantan Dirjen OTDA Kemendagri RI dan Presiden i-OTDA. Juri lainnya adalah Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA (Pendiri i-OTDA), Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H. (Dewan Pakar i-OTDA),  Prof. Ir. Ruslan Prijadi, MBA, Ph.D (Guru Besar Universitas Indonesia), Prof. Dr. HM. Wahyudin Zarkasyi., CPA (Guru Besar Unversitas Padjadjaran Bandung), Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, S.E., MSi (Guru Besar Universitas Padjajaran),Ir. Agung Muyana S, MSc (Dewan Pakar i-OTDA/Mantan Dirjen PUM Kemendagri), Prof. Dr. Bramantyo Djohanputro (Direktur Eksekutif PPM Manajemen), Dr. J. Kristiadi (Pendiri i-OTDA, Dr Aldrin Herwany, SE, MM, Dr Sofi Suryasnia (CWMA),  dan juri-juri lainnya.

Sementara PDAM Sijunjung dibawa pimpinan, Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, berhasil melakukan Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD selama ia memimpin. Tak ayal, Direktur PDAM Sijunjung itu diganjar dengan Anugerah Award Top BUMD 2023.

Yang paling menarik, Doni alias abang berhasil menyelamatkan PDAM Sijunjung itu, dari Mangkrak hingga Perumda Sijunjung Sehat. Bahkan pada tahun 2022, PDAM tersebut berhasil mendulang laba mencapai Rp2 Milyar.

Tak heran, jika kemudian Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, patut berbangga atas adanya pengelolaan Perumda SanjungTirta Buana secara baik.

Betapa tidak, sejak PDAM itu berdiri selalu mengalami kemerosotan dan mangkrak dan ibarat matisuri. Namun sejak Doni Novriadi,SH, dilantik pada era Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada 30 Desember 2016 lalu, sejuta harapanpun tertumpang pada pengusaha muda itu.

Epi

Dengan kepercayaan yang diberikan kepada Doni, ia pun mulai membenahi perusahaan milik Pemkab Sijunjung yang ketika itu posisinya tidak sehat alias minus.

“Saat saya terima, pendapatan PDAM minus, dan operasional tidak tertutupi hingga Rp100 juta/perbulannya kala itu,”kata mantan Ketua DPC Gapensi Sijunjung itu berkisah usai menerima penghargaan Anugerah Top BUMD Award 2023, Rabu (5/4/2023) malam.

“Sehingga membuat PDAM Mangkrak dan tak bergerak,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, berkisah pada Pemimpin Redaksi (Pemred) Jurnalsumbar.Com Saptarius.

Diakui abang, begitu panggilan akrab Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana itu, setelah diamatinya, ternyata pergantian pipa pipa bocor tidak terlaksana dikarenakan minimnya keuangan ketika itu.

“Tunggakan air pelanggan besar dan tak ada upaya menyelesaikannya. Setelah saya pelajari, apa betul yang terjadi dalam tubuh PDAM. Nah, setelah memahami yang terjadi barulah saya ambil keputusan,” terang abang berkisah.

Lalu Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, pun melakukan perbaikan pelayanan pada konsumen baik kuantitas dan kualitas seperti yang biasanya masyarakat dapat air sekali dalam dua hari. “Alhamdallah sejak itu air sudah mengalir 24 jam secara terus menerus hingga sekarang,” terang Doni tersenyum bangga.

Tak hanya itu, pihak PDAM pun kemudian mendata tunggakan rekening air yang mencapai hampir Rp3 miliar kala itu.

“Setelah layananan ditingkatkan, secara berangsur-angsur, alhamdallah pelanggan pun membayar tunggakan mereka sehingga PDAM pun membaik,” terang Doni lagi berkisah.

“Alhamdallah tunggakan untuk sekarang hanya hal yang wajar dan tak ada yang diatas tiga bulan lagi. Dari hasil audit kinerja BPKP Perwakilan Sumbar, PDAM Sanjung Tirta Buana sejak tahun 2018 hingga 2022 dinyatakan sehat, baik managemen dan keuangan per Desember juga 2022 surplus,” ucap Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH itu bangga atas kinerja stafnya.

Terbukti, di Tahun 2022 lalu, pencapaian yang diraih PDAM tembus dengan laba Rp2 milyar. Suatu keberhasilan yang pantastis.

Keberhasilan itu disampaikan Doni kehadapan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, MSi, pada Kamis, 15 Desember 2022 lalu di ruang rapat kantor PDAM setempat.

Sekedar dikenang, semasa PDAM dikelola Doni, pada tutup buku 2018 posisi keuangan PDAM surplus dan sangat pantastis. Tak heran ditahun yang sama PDAM Sanjung pun dapat Reward Siddhakarya dari Gubernur Sumbar sebagai perusahaan kualitas dan produktifitas yang baik.

Hebatnya lagi, ditahun 2019, kata Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH, perusahaan milik Pemkab yang ia pimpin itu pun dapat kucuran dana segar dari APBN senilai Rp18,5 miliar.

“Pada tahun 2019 kita dapat bantuan dana dari APBN totalnya Rp18,5 miliar. Diantaranya, Rp7,5 miliar untuk optimalisasi jaringan Batang Kurimo melalui program BWS Sumatera V, optimalisasi jaringan pipa distribusi Tanah Badantung-Pematang Panjang senilai Rp8 miliar melalui PSPAM Sumbar dan bantuan untuk rumah bersubsidi (MBR) senilai Rp3 miliar,” sebut Direktur PDAM Sanjung Tirta Buana, Doni Novriadi, SH itu bercerita.

Dinilai sukses, pada 5 April 2021 lalu,
Doni Novriedi, SH resmi kembali dilantik jadi Direktur Perumda Tirta Sanjung Buana Kabupaten Sijunjung oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir S.STP.M.Si.

Direktur PDAM Sijunjung, Doni Novriedi, SH

Pelantikan itu berdasarkan SK Bupati Sijunjung Nomor: 188.45/488/KPTS-BPT-2020 tentang pengangkatan kembali masa jabatan Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana hingga Periode 2020-2025.

Dihadapan para karyawan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana dan para pengawas, pada Kamis (15/12/2022), Bupati Benny berharap pada karyawan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik sehingga membuat Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sanjung Buana itu untuk selalu sehat.

Doni sendiri bersama jajarannya akan meningkatkan kinerja secara baik. Menurut dia, pelanggan PDAM per November 2022 lalu sudah mencapai 15.221 konsumen.

Begitu juga Ketua Dewan Pengawas PDAM Defri Antoni mengakui kesuksesan yang dicapai Doni Novreidi dan jajarannya sangat luar biasa.

“Kalau dulu (2021-red) hanya laba Rp60 juta, dan sekarang (setahun-red) mencapai laba Rp2 milyar. Tidak pun saya jadi pengawas, laba itu sudah pasti di raih PDAM,”ucap Defri selaku pengawas dalam hantaran kalimatnya saat itu.

“Terobosan yang dilakukan PDAM dibawa pimpinan Direkturnya, Doni Novreidi patut diapresiasi. Semoga kedepannya pelayanan pada konsumen sesuai harapan bupati bisa ditingkatkan lagi, apalagi PDAM adalah BUMD Pemkab Sijunjung,”kata Ketua Forum Yanlik Kabupaten Sijunjung, Saptarius, kala itu.

Dengan kerja keras jajaran PDAM Sijunjung, tak heran berhasil meraih penghargaan anugerah Award Top BUMD 2023. Selamat buat Direktur dan jajaran PDAM Sijunjung. Semoga selalu memberikan pelayanan terbaik pada konsumen/pelanggannya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.