Dihadiri Ketua KPU, PKB Sijunjung Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Caleg

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sijunjung, Sumatera Barat, Nofriadi Zulka, SH, menyebut uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terhadap puluhan kadernya merupakan langkah yang baik.

Ketua PKB Sijunjung, Nofriadi Zulka, SH

Menurut Nofriadi Zulka, SH, langkah tersebut penting dilakukan untuk menyaring nama bakal caleg PKB yang akan berlaga di Pemilu 2024.

Dalam seleksi penyaringan nama caleg tersebut, Nofriadi Zulka, SH menjadi salah satu penguji.

“Ini proses yang sangat bagus, sangat baik, bagaimana PKB memfasilitasi orang-orang terbaik dari luar partai, tetapi tetap harus ikut proses meritokrasi di partai, harus diuji bagaimana pemahaman mereka terhadap ideologi partai, bagaimana visi misi partai, program yang dibawa oleh partai, hingga struktur partai,” ujar Nofriadi Zulka, SH dalam keterangannya, Sabtu, 15 April 2023 usai berdiskusi dengan para kader dan Bacaleg. Kegiatan itu sendiri dihadiri Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah.

Ditambahkan Nofriadi Zulka, SH, PKB dalam penyaringan Bacaleg mengunakan sistem Meritokrasi.

“Untuk diketahui, Meritokrasi merupakan sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan atau kelas sosial. Sistem meritokrasi mendasarkan penilaian pada kinerja serta pencapaian yang ditunjukkan,”jelas Nofriadi Zulka, SH, pada Sabtu (15/4/2023) sore di Hotel Bukik Gadang, Muaro Sijunjung.

Epi

Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukannya, Nofriadi Zulka, SH menyebut, Bacaleg PKB punya semangat yang bagus. Mereka, kata Nofriadi Zulka, SH, tidak hanya berupaya untuk hadir di tengah daerah pemilihan yang PKB sudah punya kursi atau sudah ada petahana, namun juga keinginan menambah kursi.

“Dan ternyata narasi yang selalu dibawa adalah menambah kursi. Jadi ketika mereka maju sebagai Bacaleg adalah dalam semangat kursinya harus bertambah,” kata Nofriadi Zulka, SH.

Penyaringan nama-nama bacaleg itu sebelumnya telah digelar. “Alhamdulillah semua Dapil telah terisi. Total Bacaleg PKB 30 orang. Untuk tiap Dapil masing-masing 10 orang. Dapil 1 (Sijunjung – Lubuktarok – IV Nagari), Dapil 2 (Kupitan – Koto VII – Sumpurkudus) dan Dapil 3 (Tanjung Gadang – Kamangbaru).

Miliki Tiga Kursi di DPRD, DPC PKB Sijunjung Incar Enam Kursi di Pileg 2024 Mendatang

”Kami ingin hasil dari UKK (uji kepatutan dan kelayakan) ini benar-benar menghasilkan Balaceg yang terbaik dan punya integritas tinggi untuk kepentingan bangsa,” ujar Ketua DPC PKB Sijunjung, Nofriadi Zulka, SH.

Dengan tingginya antusiasme Bacaleg PKB, Nofriadi Zulka, SH optimistis bisa meraih target yang sudah ditetapkan pada Pemilu 2024, yakni meraih enam kursi DPRD dan menempatkan PKB di posisi pimpinan.”InsyAlloh PKB selalu Nomor 1,”tambah Nofriadi Zulka, SH.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.