KPU Sijunjung Sosialisasikan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Tahun 2024, Ini Laporannya

11088

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, Sumatera Barat, pada Kamis (6/4/2024) gelar Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Tahun 2024.

Kegiatan yang semula dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB tersebut diundur pada pukul 16.00 WIB, “Karena ada persoalan teknis, maaf kegiatan terundur,”kata Lindo Karsyah, S.S, M.IP, saat membuka Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi di Hotel Bukit Gadang, Muaro Sijunjung.

Selain dihadiri komisioner KPU, Fahrul Rozi Burda, Lc.M.Ud, Gunawan, S.P
Nafwan, S.I.Kom, dan Alfi Yendra, S.Pt juga dihadiri Irzal Zamzami,M.Si selaku Sekretaris KPU Sijunjung.

Dihadapan ratusan peserta sosialisasi, para komisioner tersebut memetakan alokasi kursi pada Peleg 2024 mendatang.

Dalam diskusi tersebut, disampaikan perubahan Daerah Pemilihan (Dapil). “Kalau dulu, Dapil 1 itu terdiri Sijunjung-IV Nagari dan Kupitan. Sekarang Dapil 1 terdiri dari; Lubuktarok-Sijunjung dan IV Nagari”.

“Sedangkan Dapil 2, dulunya Sumpurkudus dan Koto VII. Sekarang Dapil 2 terdiri dari Kupitan, Koto Tujuh dan Sumpurkudus. Sementara Dapil 3, dulunya Lubuktarok, Tanjung Gadang dan Kambangbaru. Sekarang untuk Dapil 3 terdiri dari Tanjung Gadang dan Kamangbaru,” papar Nafwan.

“Setiap Dapil dialokasikan 10 kursi. Kalau dulu, Dapil 1 itu 10 kursi, Dapil 2 sebanyak 8 kursi dan Dapil 3 sebanyak 12 kursi,”papar Lindo Karsyah yang juga mantan wartawan dan Korlip Harian Singgalang itu.

Ditambahkan Gunawan, untuk Pemilu 2024 mendatang akan diikuti 18 partai politik (Parpol). Sedangkan kursi yang tersedia ada 30 kursi yang bakal diperebutkan sebanyak 540 bakal calon legeslatif (Bacaleg) jika semua Parpol mengisi Bacalegnya ditiap Dapil.

Untuk diketahui, DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) untuk Kabupaten Sijunjung, tercatat sejumlah 173.822 pemilih—dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) reguler sebanyak 761 TPS dan satu buah TPS khusus.

Pada acara sosiaisasi tersebut juga dilakukan berbagai tanyajawab. Malah ada diantara peserta yang saling adu Argumentasi dengan komisioner KPU yang sempat membuat tegang suasana.

Selain diikuti unsur Parpol, Bawaslu, unsur Forkopimda, unsur penyelenggaran Pemilu, Ormas dan Camat se-Kabupaten Sijunjung–kegiatan juga diikuti kalangan wartawan. Kegiatan yang berjalan sukses tersebut diakhiri berbuka bersama.*
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here