Kembangkan Potensi Daerah, Bupati Eka Putra Bangun Kerja Sama dengan Wali Kota Sawahlunto

342

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kami mengucapkan terima terima kasih kepada Pemerintah Kota Sawahlunto atas terjalinnya kesepakatan kerjasama dan Nota Kesepakatan dapat saling mengembangkan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan kedua daerah.

Demikian dijelaskan bupati Tanah Datar Eka Putra saat menandatangi Perjanjian Kerjasama tentang Pendampingan pengembangan Budidaya dan Pemasaran Komoditi Pangan dan Perikanan, Kamis (4/5) di ruang rapat Walikota Sawahlunto.

Kata Eka, Tanah Datar memiliki 14 Kecamatan 75 Nagari dengan 395 jorong dengan penduduk 374.543 jiwa, 70 persen bekerja pada sektor pertanian. 70 persen bergerak di sektor pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan dan peternakan. Alhamdulillah, Tanah Datar juga dianugerahi kekayaan dengan keindahan alam dan kekayaan adat budaya untuk menggaet wisatawan berkunjung ke Luhak Nan Tuo.

Ditambahkan, sektor pertanian adalah sektor andalan Tanah Datar didalam menangani inflasi daerah dengan memanfaatkan potensi di sektor pertanian, yaitu peningkatan produksi dan hilirisasi bawang merah dan cabe merah membawa Tanah Datar menjadi TPID berprestasi wilayah Sumatera tahun 2021 di ajang TPID award 2022 beberapa waktu lalu.

Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah penghasil beras, cabe merah, bawang merah, tomat, dan telur. Komoditas ini memiliki potensi untuk diterapkan kerjasama antara kedua daerah.Tentu dengan keberhasilan Kota Sawahlunto menjadi kota terbaik menangani masalah kemiskinan bisa di contoh Tanah Datar,sebut Bupati Eka.

Dalam mencapai masyarakat lebih sejahtera, imbuh Bupati,Pemerintah Daerah telah meluncurkan 10 Program Unggulan, empat disektor pertanian.Empat Progul bidang pertanian, yaitu, mengefisienkan biaya produksi pertanian melalui bantuan pembajakan sawah gratis, meningkatkan kuota asuransi tani, asuransi ternak dan pupuk bersubsidi, dan perbaikan irigasi.

Kemudian Bupati Eka berharap kepada Dinas terkait untuk segera menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu memberikan manfaat kepada kedua daerah. Bupati mengekspatasi MoU dan kerjasama tidak hanya kegiatan seremonial belaka, namun segera ditindaklanjuti

Terkait tentang potensi wisata, Wako Deri Asta menyampaikan, untuk keberhasilan potensi wisata harus ada kerjasama antara beberapa daerah agar potensi ini bisa lebih dimaksimalkan.

Dijelaskan, potensi wisata di Kota Sawahlunto cukup banyak, begitu juga Tanah Datar, namun kendala akses jalan yang menghubungkan kedua daerah ini tidak mendukung atau banyak yang rusak, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto enggan ke Tanah Datar, dan begitu sebaliknya,pungkas
Deri Asta.

Hadir dalam aktivitas itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Sekretaris Daerah Ambun Kadri, Asisten dan kepada Dinas serta Kabag di Pemerintahan Kota Sawahlunto.

Bupati Eka didampingi Asisten I Elizar, Asisten II Abdul Hakim, Kepala Bapeda dan Litbang Alfian Jamrah, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis Pangan dan Perikanan Suhermen, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono- habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here