Kongres, Bundo Kanduang Minangkabau Sedunia Bakal Hadir di Tanah Datar

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Sekitar 200 orang Bundo Kanduang Minangkabau dari 50 negara di Dunia bakal hadir di Kabupaten Tanah Datar menggelar Kongres Bundo Kanduang se-Dunia ke-II di Istano Basa Pagaruyung. Demikian disampaikan Bupati Eka Putra, SE, MM saat virtual meeting dengan Minang Diaspora Network Global (MDNG) Kamis(1/6) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Virtual meeting tersebut diikuti Bundo Enny dari Kota Walsh Colorado Amerika Serikat, Bundo Ratna BKLN dari Melbourne Australia, Bundo Piet dari Florida, Bundo Rosnelly, Sekretaris Bundo Kanduang Pusat dan Provinsi Sumatera Barat, Asisten I Setda Tanah Datar Elizar, Asisten II Abdul Hakim, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Parpora Hendri Agung Indrianto, Kadis Pendidikan Riswandi, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabag Umum Ronal Satria, Kabid Pariwisata Efrison dan Kabid Pengarustamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dinsos PP dan PA Bulqis.

Eka Putra menyampaikan agenda besar daerah Desember mendatang akan digelar Festival Pesona Minangkabau dan ini sudah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) dan itu juga bakal dihadiri Menteri Pariwisata RI Sandiaga Uno dan MDNG dari 50 negara di berbagai belahan dunia.

Dikatakan, Festival Pesona Minangkabau puncak event anak nagari di Tanah Datar direncanakan dibuka langsung Menparekraf RI Sandiaga Uno dan juga bakal dihadiri Bundo Kanduang se-Dunia. Saat itu berbagai kesenian tradisional anak nagari akan ditampilkan, seperti tari kolosal selawat dulang dari Nagari Saruaso buah karya Wali Nagari setempat.

PERANTAU SIJUNJUNG

Upaya mengangkat tradisi lama adat istiadat, kuliner, seni tradisional dan berbagai keunikan setiap nagari yang ada di Tanah Datar, sebut Eka ,juga tidak sama setiap nagari tersebut tidak lain untuk melestarikan, menjaga dan memperkenalkan kepada dunia Minangkabau Sumatera Barat khusus Tanah Datar Luhak Nan Tuo kaya akan potensi budaya dan bisa mendatangkan turis ke Tanah Datar.

Semntara, Bundo Ratna Wijaya Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BKLN) dari Melbourne Australia asal Padang Japang Payakumbuh, sampaikan sangat tertarik dengan Tanah Datar sebagai pusat adat dan kebudayaan serta kerterbukaan Pemerintah Daerah dengan berbagai aktivitas.

Bundo Ratna sangat tertarik dan bergabung dengan organisasi Bundo Kanduang, dan menginginkan Bundo Kanduang tidak hanya dikenal di Minangkabau saja ataupun di Indonesia namun diseluruh Dunia, dari itu BKLN menginginkan, apa itu yang Bundo Kanduang, apo adat istiadat itu dan apa yang Minangkabau itu.

Sedangkan Bundo Piet dari Florida asal Kota Bukittinggi, semasa mudanya atlet basket dan juga atlet lari sprint Sumatera Barat juga tertarik dengan organisasi Bundo Kanduang, karena Ibunya juga termasuk pionir Bundo Kanduang Sumatera Barat pada masanya.
Turut juga memberikan kata sambutan, Bundo Enny dari Walsh Colorado asal Jorong Limo Nagari Sungayang.

Bundo Ratna menyebutkan, BKLN dalam rundown acara MDNG Desember mendatang, menjelang hari H 7 Desember diadakan aktivitas di Kota Padang, seminar bisnis, seminar Bundo Kanduang, kemudian rombongan MDNG menuju Batusangkar Tanah Datar, mengikuti agenda Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung, penampilan fashion show pakaian adat, peragaan sumbang duo baleh dan berbagai agenda- habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.