Kirab Pemilu 2024 di Kota Sawahlunto Upaya Untuk Sampainya Informasi Pemilu Kepada Publik

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Usai menerima bendera Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar, Senin (3/7/2023), KPU Kota Sawahlunto memulai kirab arak – arakkan mobil dengan membawa bendera Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 berkeliling Kota Sawahlunto, Selasa (4/7/2023).

Arak – arakkan dimulai dari kantor KPU menuju Kecamatan Barangin, lanjut Kecamatan Lembah Segar, lanjut menuju Kecamatan Silungkang, putar balik menuju Talawi melalui Sikalang, kemudian balik ke kantor KPU melalui Kolok.

Kepada Jurnalsumbar.com, Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey menyebut, kirab Pemilu ini adalah amanah undang-undang, untuk sampainya informasi tentang pemilu kepada publik yang akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti. Dan tujuan akhir dari kegiatan ini adalah peningkatan partisipasi pemilih dan meningkatkan kualitas dari pelaksanaannya.

“Kegiatan Kirab ini merupakan bagian sosialisasi yang dilakukan KPU RI. Sosialisasi kepada masyarakat, untuk memperkenalkan 18 partai politik peserta Pemilu 2024,” tanbahnya.

Epi

Selain arak – arakkan sebut Fadhlan, selama seminggu kegiatan kirab Pemilu 2024 , sosialisasi juga dilakukan dengan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya, senam bersama dan pembagian brosur serta lainnya. Intinya lanjutnya, ada pendidikan, edukasi dan sosialisasi kepemiluan di masyarakat.

“Setelah seminggu sebut Fadhlan, kirab pemilu ini akan diserahterimakan kepada KPU Kabupaten Sijunjung,” terangnya.

Terpisah Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyatakan siap mensukseskan Kirab Pemilu 2024. Pemerintah kota mengapresiasi kegiatan Kirab ini dan mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Pemkot mendukung penuh kegiatan Kirab Pemilu 2024, sebagai bagian dari sosialisasi pelaksanaan pesta demokrasi Indonesia,” katanya.Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.