Mahasiswa Universitas Petronas Malaysia, UIR dan UnPad Jadikan Geopark Nasional Sawahlunto Kampus Lapangan

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebanyak 77 mahasiswa dan 10 dosen pembimbing dari Universitas Teknologi Petronas Malaysia, Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Padjajaran (Unpad) tengah melakukan kuliah lapangan mempelajari aspek geologi pada geopark Nasional Sawahlunto. Kawasan Geopark atau taman bumi di Kota Sawahlunto dijadikan sebagai kampus lapangan geologi terintegrasi oleh ketiga Universitas tersebut.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti saat menerima perwakilan mahasiswa dan dosen dari tiga Universitas itu mengatakan, ditunjuknya Sawahlunto menjadi kampus lapangan geologi terintegrasi, berarti membuka potensi kawasan wisata yang ada.

Sawahlunto sebutnya, dapat menjadi destinasi pariwisata edukatif yang berkelanjutan. Selain itu juga dapat menjadi lokomotif pariwisata edukatif berbasis kegeologian dan sejarah di Sumatera Barat.

KLB

“Secara langsung atau tidak, akan dapat menghadirkan kunjungan wisata ke Sawahlunto, hospitality serta pemberdayaan UMKM yang otomatis juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat,” katanya

Sementara Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto Robert Petra Ramadhona menyebut, kegiatan kampus lapangan geologi terintegrasi itu telah dimulai dengan kuliah lapangan mahasiswa dari ketiga Universitas tersebut selama 13 hari di Sawahlunto, mulai 2 – 15 Juli 2023.

“Selain mempelajari aspek geologi pada geopark Sawahlunto, mahasiswa tersebut juga membantu membangun edukasi tentang geopark kepada masyarakat sekitar, serta menjalankan prinsip konservasi lingkungan melalui penelitian serta pemetaan,” sebutnya.Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.