Berhasil Terapkan Sistem Merit, Sijunjung Terima Anugerah Meritokrasi KASN 2023

1628

Bupati Sijunjung Terima Anugerah Meritokrasi KASN 2023

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, berhasil mengukir tinta emas meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi KASN tahun 2023.

Dinilai berhasil menerapkan sistem merit dalam pemerintahannya, Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, membawa Pemerintah Kabupaten Sijunjung mendapat Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dalam penghargaan itu, Sijunjung unggul dengan poin 350 sangat baik. Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, yang didampingi Kepala BKPSDM Riki Mainaldi Neri, S.STP, M.Si, dan Kabid Pengembangan SDM BKPSDM, Niky Pratama,ST, menerima langsung penghargaan tersebut di Hotel Marriot Yogyakarta, Kamis (7/12/2023).

Pemkab Sijunjung segera Umumkan Hasil Penilaian UKPP dan Nagari Award 2023

Tak hanya itu, ternyata dalam penganugrahan itu, Kabupaten Sijunjung termasuk Instansi Pemerintah Penerima 2 Kategori Penghargaan yaitu;
1.Nilai Sistem Merit dengan Nilai *350* kategori *Sangat Baik*
2.Indeks Kualitas Pengisian JPT dengan Nilai *82* kategori *Baik*.

Benny menjadi satu-satunya bupati di Sumatera Barat yang didapuk penghargaan meritokrasi dan JPT tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih atas keseriusan kawan-kawan dari Pemkab Sijunjung terutama BKPSDM yang hari ini Sijunjung mendapatkan award dengan kategori sangat baik,”sebut almuni IPDN itu.

Benny mengatakan, penghargaan diharapkan lebih memicu Pemkab Sijunjung untuk menerapkan sistem merit dengan lebih baik. Sehingga, tidak lagi ada intervensi politik dengan dalih balas jasa.

“Kasih kesempatan mereka yang kredibel, berintegritas, kompeten untuk duduk (dalam jabatan-red). Tidak lagi memikirkan soal like and dislike, merit sistem ini kita dorong agar mengurangi sistem balas jasa,” tegas mantan birokrasi itu.

Benny mengatakan, dalam hal ini intervensi yang bisa dilakukan kepala perangkat daerah harus mengutamakan faktor, seperti integritas dan kompetensi dari ASN itu sendiri.

“Maka meritokrasi sistem yang kemudian KASN sampaikan menurut saya baik. Tinggal KASN menjadi wasit yang baik dan konsultan yang baik. Agar komunikasinya bisa berjalan,” tandas Benny.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh OPD yang sudah mencapai kriteria sangat baik. Saya meyakini hasil ini adalah buah dari komitmen dan kerja keras bersama. Tingkatkan terus prestasi ini,” tutur Benny diamini Riky Mainaldi Neri dan Niky.

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Agus Pramusinto, mengatakan, Anugerah Meritokrasi tersebut bentuk apresiasi tinggi terhadap instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit. Pihaknya berharap acara ini dapat mendorong konsistensi dalam menerapkan sistem merit agar terus terjaga.

“Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran, yang berkomitmen terus melakukan perbaikan manajemen ASN-nya, dan juga merupakan hasil dari komitmen untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” kata Agus.

Ditambahkan, sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Pelaksanaan sistem merit pada manajemen ASN menjadi penting sebagai upaya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing. Sistem merit lahir berdasarkan keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses rekrutmen, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin, dan pensiun pegawai.

Agus menjelaskan, ada delapan aspek penilaian dalam penghargaan tersebut. Yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Ketua Forum Pelayanan Publik (F.Yanlik) Kabupaten Sijunjung, Saptarius juga mengapresiasi yang telah diraih Pemkab Sijunjung tersebut.

Saptarius, Ketua F.Yanlik Kabupaten Sijunjung

“Ini bukti nyata yang telah dilakukan Pemkab Sijunjung dibawa kepemimpinan Bupati-Wabup Benny Dwifa Yuawir,S.SPTP,M.Si dan H. Iraddatillah, S.Pt. Selamat pada semua OPD yang ada di Pemkab Sijunjung dan teruslah berkolaborasi untuk membangun Sijunjung,”ucap Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

Ia berharap, dengan sistem merit, kedepannya akan tahu, siapa ASN yang benar-benar bekerja atau tidaknya. “Diharapkan sitem merit itu di 2024 diterapkan pada semua ASN, sehingga mereka tak hanya sekedar merima TPP saja. Selama ini terkesan yang bekerja atau tidak sama rata saja menerima sesuai jabatannya,”kata Wartawan Utama itu mengapresiasi capaian yang diterima Pemkab Sijunjung melalui BKPSDM setempat.

DR. Zefnihan, Ap,M.Si

Sekdakab Sijunjung, yang kini menjabat sebagai Pj Walikota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, AP, M.Si, sangat merespon atas keberhasilan yang telah dicapai Pemkan Sijunjung.

“Selamat pada semuanya, terutama pada bapak bupati-wabup dan semua itu juga tidak terlepas dari peran seluruh Stakeholders, terutama FPP Kabupaten Sijunjung. Terus perkuat kolaborasi Kanda (Ketua FPP-red), untuk kemajuan Sijunjung. Banyak kawan-kawan kito minta sharing ke Sijunjung untuk beberapa capaian baik Kabupaten Sijunjung,”ucap Zefnihan bangga dalam whatsappnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here