Menyedihkan, Kondisi Ruas Jalan Negara Kunpar Kamangbaru Sijunjung – Batas Riau Rusak, Warga Ancam Blokade Akses Jalan Jika Pemerintah Tak Segera Perbaiki

992

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Warga Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, mendesak Pemprov Sumbar maupun Pempus (Pemerintah Pusat) untuk segera memperbaiki ruas jalan Kamangbaru – Batas Riau. Jika keluhan mereka tak ditanggapi, warga ancam akan memblokade akses jalan negara itu.

“Lihatlah, kondisi ruas jalan negara Kiliranjao – Batas Riau, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, sangat memprihatinkan,”kata Syahbuddin Datuk Sinaro (Datuk Abu-red) kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (11/12/2023).

Ada beberapa titik kondisi jalan negara itu mengalami akut. “Bahkan hampir disetiap ruas jalannya banyak yang berlobang dan rusak parah,”tambah Ketua Forwana Kabupaten Sijunjung itu melaporkan dari Kamangbaru.

Syahbuddin Datuk “Abu” Sinaro

“Lihatlah kondisi di depan SPBU Kamang, jalannya banyak yang berlobang. Begitu juga di simpang Pasar Kunangan Parit Rantang (Kunpar) dan didepan rumah saya sendiri di Nagari Kamang tak memiliki draenase, sehingga jika hujan, maka air menggenang hingga ke pemukiman,”kata Datuk Abu menjelaskan.

“Jika jalan-jalan berlobang itu tidak diperbaiki, maka kami selaku warga akan menanam pohon serta akan memportalnya. Sebelum masyarakat melancarkan aksi, kami mohon pada Dinas Pekerjaan Umum Sumbar untuk segera turun tangan memperbaikinya,” tegas Datuk Abu memberi ultimatum.

Menurut Datuk Abu, kondisi carutmarut buruknya infrastruktur jalan negara dan provinsi di Kabupeten Sijunjung, khususnya Kiliranjao-Batas Riau itu sudah berlangsung cukup lama.

“Sebelum masyarakat apatis akibat jalan rusak dan berlobang yang sering membuat pengendara jatuh (pesepeda motor-red), kami minta agar pemerintah dan pihak terkait untuk segera memperbaikinya. Ini semua demi kenyamanan pengendara, baik roda dua, roda empat maupun angkutan lainnya,” tegas Datu Abu yang juga Walinagari Kunpar itu geram.

Asrijal,SH, Camat Kamangbaru

Hal yang sama juga dibenarkan Camat Kamangbaru, Asrijal,SH. “Kondisi jalan yang berada di bawah bahu jalan negara itu mengalami rusak parah bahkan sudah akut. Selokannya tidak ada, sehingga dibadan jalan air selalu menggenang. Pemrov hendaknya cepat tanggap atas kerusakan jalan yang menjadi keluhan masyarakat tersebut,”kata mantan Camat Kupitan itu prihatin, kepada Jurnalsumnar, Senin (11/12/2023).

Sejauh ini belum dapat informasi soal jalan negara Kiliranjao-Batas Riau itu dari pihak terkait Pemprov Sumbar.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here