Dibuka Bupati Sijunjung, Musrenbang Kecamatan Kupitan Sukses

350

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) RKPD 2025 Tingkat Kecamatan Kupitan di UDKP Kecamatan tersebut pada Rabu 31 Januari 2024.

Bupati Benny mengatakan, bahwa Musrembang RKPD tahun 2025 Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan tahun 2024 ini merupakan salah satu kegiatan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan sebagai wadah merumuskan dan menetapkan prioritas pembangunan tahun 2025 yang diselaraskan dengan prioritas dam fokus pembangunan daerah.

Bupati Benny mengatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sijunjung mengalami peningkatan yang sangat siknifikan pada tahun 2023 yaitu posisi ke-12 dari 19 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat yang pada tahun 2022 berada pada posisi 17.

Rabu Mendatang, Kecamatan Kupitan Laksanakan Musrenbang

“Meningkatnya IPM Kabupaten Sijunjung pada tahun 2023 tidak terlepas adanya peningkatan komponen pembentukan terutama dibidang keaehatan yang diukur melalui bidang indikator usia harapan hidup meningkat sangat tinggi, dari 66,70 tahun 2022 menjadi 72,59 pada tahun 2023 karena penyesuaian berdasarkan hasil sensus kependudukan 2020,”ujar Benny.

Terjadinya peningkatan IPM Kabupaten Sijunjung tahun 2023 ini lanjut Benny, menandai adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya. Kondiai ini mencerminkan berhasilnya kaborasi dan sinergi pembangunan secara efektif.

Ia juga berharap melalui musrembang ini dapat dirumuskan skala prioritas program kegiatan pembangunan kecamatan tahun 2025 yang lebih tepat sasaran sesuai dengan pokok pembangunan.

“Oleh sebab itu, penentuan skala prioritas pembangunam sangat dibutuhkan data dukung yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga perangkat daerah dapat mengakomodir usulan program/kegiatan prioritas pembangunan kecamatan yang selaras dan sikron dengan fokus pembangunan daerah pada tahun 2025,”harap Benny.

Kepada seluruh peserta musrembang, Bupati Benny menghimbau agar ikut berpartisipasi secara aktif dalam memberikan usulan program/kegiatan prioritas berdasarkan informasi data yang akurat serta dampak yang timbul dari usulan program/kegiatan tersebut.

“Kepada Wali Nagari serta delegasi nagari kami berharap agar memahamk informasi data terkait dengan usulan kegiatan prioritas nagari yang telah disepakati melalui musrembang RKP Nagari yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 yang lalu,”harap Benny lagi.

Bupati Benny juga menambahkan bahwa pada tahun 2025 akan dialokasikan pagu indikatif kegiatan bagi setiap nagari maksimal Rp. 200 juta. Sehingga dapat mewujutkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses kualitas layanan publik dan daya saing daerah.

Pada musrembang tersebut, Bupati Benny Dwifa juga mengatakan bahwa akan memberikan hadiah berupa uang sebesar Rp. 500 Juta rupiah kepada kecamatan yang berhasil melaksanakan musrembang terbaik se Kabupaten Sijunjung.

Hadir pada musrembang Kecamatan Kupitan ini adalah Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT beserta Kepala OPD terkait, Camat Kupitan, Zainuddin beserta unsur Forkopincam Kecamatan Kupitan, Wali Nagari dan Kepala Desa se Kecamatan Kupitan, para delegasi, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.. andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here