BazNas Gelontorkan Rp1,8 Miliar Dana Zakat Tahap 1 Untuk 3.189 Mustahik, Ini Kata Bupati Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Amil Zakat Nasional (Baznasan Kabupaten Sijunjung me, Sumaretera Barat, menyalurkan dana zakat sebesar Rp1,8 Miliar untuk 3.189 orang mustahik bidang kemanusiaan dan pendidikan tahap 1 tahun 2024.
Penyaluran dana zakat tahap 1 ini dilaunching Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M. Si di halaman Kantor Camat Sijunjung, Selasa 11 Juni 2024 yang sekaligus menyerahkan secara simbolis kepada beberapa orang penerima.

Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa mengatakan bahwa dana zakat yang diserahkan tersebut bersumber dari zakat ASN se-Kabupaten Sijunjung, para muzaki swasta dan perorangan lainnya.

“Penyaluran dana zakat ini merupakan bukti bahwasanya dana zakat yang dititipkan dan diamanahkan melalui Baznas telah disalurkan dengan sebaik baiknya dan secara transparan oleh Baznas kepada yang berhak menerima,” ujar Benny.

idul adha

Dengan adanya dana zakat yang terhimpun dan dikelola oleh Baznas ini lanjut Benny, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung sangat terbantu dalam meringankan beban para mustahik.

“Oleh karena itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat yang mampu untuk berzakat, berinfak dan bersedekah, mari kita tingkatkan pembayaran zakat kita melalui UPZ OPD maupun UPZ Nagari kepada Baznas Kabupaten Sijunjung setiap bulannya, sehingga nantinya Baznas bisa lebih meningkat lagi jumlah penyaluran nya melalui berbagai program guna meringankan beban hidup mustahik yang ada,” harap Benny.

Kepada penerima zakat, Bupati Benny Dwifa berpesan agar dapat menggunakan dana ini dengan baik sesuai kebutuhan, serta berharap agar mendoakan para muzaki supaya diberikan kesehatan, ditambahkan rezeki dan segera dibalas oleh Allah dengan yang lebih baik hendaknya

Ketua Baznas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc, Ma dalam laporannya menyampaikan bahwa dana Zis tahap 1 yang disalurkan ini hampir mencapai Rp. 2 Milyar yang akan diserahkan kepada 3.189 orang  mustahik penerima manfaat se Kabupaten Sijunjung.

Epi

Adapun rincian penerima bantuan ini lanjut Hidayatullah yaitu berupa bantuan biaya hidup untuk fakir miskin sebanyak 1.800 orang mustahik  masing masing menerima Rp. 400 ribu dengan total bantuan Rp. 720 juta rupiah dan untuk pembangunan rumah layak huni sebanyak 25 unit sebesar Rp. 635 juta rupiah.

Sementara itu untuk bantuan biaya hidup siswa SD sebanyak 790 orang siswa yang masing masing menerima Rp. 300 ribu dengan total Rp. 237 juta rupiah.

Selanjutnya bantuan biaya hidup untuk siswa SMP sebanyak 474 orang yang masing masing menerima Rp. 400 ribu rupiah dengan total dana Rp. 165,9 juta rupiah. Dan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA sebanyak 37 orang masing masing menerima Rp. 400 ribu dengan total dana 14,8 juta.

“Dana zakat ini langsung kami serahkan se cara tunai kepada mustahik yang berhak menerimanya se Kabupaten Sijunjung  yang akan kami laksanakan secara maraton dimulai pada hari ini (Selasa 11 Juni 2024) di UDKP Kecamatan Sijunjung,” ujar Hidayatullah.

Khusus di Kecamatan Sijunjung kata Hidayatullah, akan di serahkan biaya santunan hidup untuk 673 orang mustahik senilai Rp. 269,2 juta rupiah dan biaya pembangunan untuk 4 buah rumah layak huni senilai Rp. 100 juta rupiah serta 1 buah gerobak sate senilai  Rp. 3,5 juta rupiah.

Adapun jadwal penyaluran dana ZIS ini jelas Hidayatullah adalah pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 disalurkan pada Kecamatan Sijunjung 673 Mustahik, Kecamatan Tanjung Gadang 107 Mustahik, dan Kecamatan Kamang Baru 130 Mustahik. Sementara itu pada Rabu 12 Juni 2024 akan disalurkan di Kecamatan IV Nagari 124 Mustahik dan Kecamatan Kupitan 102 Mustahik.

“Penyaluran dana zakat pada Selasa dan Rabu (11 dan 12/6)ini dihadiri oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa sekaligus menyerahkan secara simbolis kepada beberapa orang penerima. Sementara pada hari Kamis 13 Juni 2024 akan disalurkan di Kecamatan Lubuk Tarok sebanyak 68 mustahik, Koto VII 274 mustahik dan Sumpur Kudus 122 mustahik yang dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S. Pt, ” lanjut nya.

“Kita berharap dengan adanya dana Zis ini  akan dapat membantu pada mustahik  dalam memenuhi kebutuhan hidup  dan kebutuhan biaya sekolah  serta dapat menempati rumah layak huni hendaknya, ” tutup Hidayatullah.

Hadir mendampingi Bupati dalam menyalurkan dana Zis ini adalah, Asisten 1, Aprizal, M. Si, beberapa orang Kepala OPD, Wakil Ketua I dan II Baznas, H. Dharmawan dan H. Syaril Sada, Sekretaris Baznas, Meri Mulyadi, S. Pd beserta anggota, Camat beserta unsur forkopincam, wali nagari dan undangan lainnya.andri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.