Desa Lumindai Sawahlunto Bakal Jadi Kampung Zakat Pertama di Sumatera Barat

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sejumlah tokoh masyarakat dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Lumindai, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) berembuk dan menggelar pertemuan.

Pertemuan dengan Pemdes Lumindai dan Masyarakat tersebut membahas tentang rencana pendirian “Kampung Zakat” di Kawasan Penghasil “Gula Semut” Desa Lumindai itu.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan di Balai – Balai Adat KAN Lumindai, pada Senin (10/6/2024).

Menariknya, acara tersebut langsung dihadiri Kepala Kamenag Sawahlunto, H.Dedi Wandra, S.Ag., MA., Camat Barangin, Subandi, S.H., Kasi Bimas Kamenag, Zulfahmi alis Raja Faham, Ketua BazNas Sawahlunto beserta jajarannya dan Tim dari Kamenag juga hadir dalam pembahasan rencana pendirian Kampung Zakat itu.

Epi

Tak hanya itu, Kades Lumindai Chairunnas,S.Ag., dan jajarannya, Kasi PM Camat Fransieromi, Staf Pemerintahan Prayitno, Ketua KAN & Sekretaris KAN Lumindai Ismail Dt Rajo Malano dan undangan lainnya juga hadir.

Menurut Camat Barangin, Subandi, Kapung Zakat Lumindai diharapkan nantinya akan mendorong SDM warga setempat terutama memajukan ekonomi produk lokal Lumindai yang muaranya berbuah manis untuk kesejahteraan masyarakat Lumindai Sawahlunto Umumnya.

Senada dengan itu, Kepala Kamenag Sawahlunto, H.Dedi Wandra, S.Ag., MA, menyebutkan, pembentukan “Kampung Zakat” merupakan program sinergi antara Kementerian Agama, Baznas, Pemerintah Daerah dan lembaga zakat lainnya dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Kamenag Sawahlunto, H.Dedi Wandra, S.Ag., MA.,

Putra asli Pematang Panjang, Sijunjung itu mengatakan, rencana pendirian kampung zakat itu digulirkan sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan ekonomi warga diberbagai daerah di Indonesia termasuk didalamnya daerah yang Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T).

“Kementrian agama mendorong Kampung Zakat ini bisa berkembang dan bertumbuh. Program ini juga sekaligus menjadi upaya negara untuk meningkatkan perekonomian umat melalui optimalilsasi dana zakat,”kata ucap H.Dedi Wandra, S.Ag., MA., diamini mamtan Ketua PWI Sawahlunto yang juga Wartawan Senior Harian Siinggalang Veteran 17 Padand itu. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.