Jelang Lebaran, Rampok “Pecah Kaca Mobil” Marak di Kota Padang

2787
Situasi panik sesaat terjadi perampokan dengan modus pecah kaca mobil di jalan AR Hakim, kawasan Ranah, kota Padang, Minggu siang (18 Juni 2017).

 

JURNAL SUMBAR | Padang – Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat sepertinya sudah tak aman menjelang lebaran ini. Setidaknya ada dua aksi perampokan dengan modus pecah kaca mobil terjadi hari ini. Perampok pecahkan kaca mobil korban dan barang-barangnya dibawa kabur.

Siang tadi (Minggu, 18 Juni 2017) sekitar pukul 12.30 Wib terjadi perampokan (pencurian) barang berharga di atas mobil di jalan AR Hakim, kawasan Ranah, Kota Padang. Kaca pintu depan sebelah kiri mobil minibus Toyota Rush dipecahkan orang tak dikenal dan barang berharga di atasnya dibawa kabur.

Tak hanya itu, ban sebelah kiri mobil pelanggan Padang Make Up Store (sebelah Cafe Hot Station) yang barusan parkir itu juga dikempesin. Sepertinya wanita muda nan cantik itu sudah dibuntuti sejak yang bersangkutan keluar dari bank. Uang puluhan juta milik korban selamat, tapi tas berisi surat-surat berharga dibawa kabur perampok.

Menurut saksi mata, perampok datang ke TKP dari arah Pondok dengan motor Honda FU. “Mereka datang berdua dengan motor Honda FU, dan seorang turun menuju mobil korban,” sebut seorang saksi mata. “Tak lama berselang, terdengar suara benturan dari mobil korban, dan sesat kemudian, korban menjerit kemalingan,” tambahnya.

Pantauan Jurnal Sumbar di TKP, korban terlihat histeris melihat kaca mobilnya pecah. Setelah dicek, uangnya puluhan juta miliknya masih ada dalam tas ransel. “Tas satu lagi dibawa pencuri itu,” keluhnya. “Isinya surat-surat berharga,” tambahnya. Korban wanita muda nan cantik itu mulai tenang sesaat keluarganya datang.

Dari CCTV ruko seberang jalan TKP, terlihat dua orang laki-laki pakai helm mengendarai motor mirip Honda FU datang pelan ke TKP dari arah Pondok. Setelah lewat sedikit, seorang di antaranya balik lagi jalan kaki ke lokasi mobil korban. Setelah tukang parkir pindah ke lokasi lain, perampok itu langsung memecahkan kaca depan mobil dan mengambil barang di atasnya. Sesaat kemudian, mereka kabur pakai motor tersebut ke arah Pondok lagi.

Menurut penduduk setempat, kawasan Ranah tersebut sering terjadi jamret. “Dengan modus pecah kaca mobil baru kali ini,” sebut seorang warga. “Kasus ini sudah dilaporkan warga ke Polsek Padang Selatan,” timpal warga yang lain.

Dari grup WA Info HPN 2018 juga dikabarkan ada kejadian yang sama di Masjid Raya Sumatera Barat di jalan Khatib Sulaiman. Kaca mobil korban (jamaah masjid) dipecahkan dan barang di atasnya dikuras pencuri. Sebelumnya juga terjadi hal yang sama di masjid kebanggaan rang Minang itu.

Tindak perampokan dengan modus pecah kaca mobil di Masjid Raya Sumbar jadi perhatian khusus oleh Pemres Singgalang, Khairul Jasmi. “Apapun alasannya, pencurian di lokasi masjid tak boleh terjadi,” sebutnya di grup WA tersebut. “Apalagi ada Satpol PP yang ditugasi menjaga keamanan di masjid itu,” tukuknya. “Ini harus jadi perhatian Pemprov Sumbar,” pintanya.

Tindak pencurian dengan kekerasan menjelang lebaran patut diwaspadai, terutama yang menggunakan mobil. Jangan menyimpan barang berharga di atas mobil. Dan, kalau ambil uang dalam jumlah banyak di bank, mintalah pengawalan polisi. Waspadalah…!!! Enye