Cegah Kanker Serviks, Ketua Bhayangkari IV Nagari Ajak Ibu-ibu Rajin Periksa ke Puskesmas

829

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ketua Bhayangkari Ranting IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Ny. Rikawati Taufik, SST, mengajak kaum perempyan untuk rajin memeriksakan organ intim ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Ini dilakukan agar perempuan bebas kanker leher rahim, dan untuk rajin-rajinlah mendeteksi gejala kanker serviks ke Puskesmas,” kata istri dari Kapolsek IV Nagari, Iptu Taufik itu kepada Jurnal Sumbar, Minggu (8/4/2018) saat melaksanakan kegiatan Gebyar IVA (Insfeksi Visual Asam asetat) di Puskesmas Muarobodi daerah setempat.

Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu (7/4/2018) kemarin. “Kami dari Bhayangkari Ranting IV Nagari dan anggota bersama TP PKK mndukung kegiatan Gebyar IVA yang dilaksanakan oleh Puskesmas Muarobodi,”jelas Rikawati Taufik.

“Dengan adanya kegiatan tersebut tentu kaum ibu-ibu dapat untuk medeteksi dini Gejala Kanker Serviks. Akan lebih baik melakukan pencegahan dari pada mengobati. Nah, ayo kita ke Puskesmas untuk periksa gejala kanker serviks,” ajak Ny. Rikawati Taufik SST itu.

Untuk mendukung perempuan bebas kanker leher rahim, Bhayangkari IV Nagari dan TP PKK bersama Puskesmas Muarobodi itu menggelar Gebyar IVA dalam upaya mencegah kanker serviks di Kecamatan IV Nagari.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Gebyar IVA dan pencegahan kanker serviks. Kegiatan ini sangat penting sekali, dari ibu yang sehat akan melahirkan anak yang sehat,” kata Ketua Bhayangkari Ranting IV Nagari itu.

Rikawati Taufik,SST, mengaku pemeriksaan tes IVA (Deteksi dini kanker leher rahim) tidak dibatasi jumlah pengunjungnya. Justru Rikawati Taufik ingin banyak kaum ibu-ibu memeriksakan alat vital agar terhindar dari kanker serviks.

” Yang jelas, kegiatan yang kita lakukan bersama Puskesmas dan TP PKK ini merupakan upaya kita bersama untuk mencegah penyakit kanker dalam upaya promotif preventif. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat karena kencenderungan kasus kematian akibat kanker semakin meningkat,” jelas istri Kapolsek IV Nagari itu. Saptarius