DPMDP2KB Pessel Bangun Pasar Multifungsi di Kawasan Wisata Mandeh

434

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel segera menyelesaikan pembangunan pasar multifungsi atau pasar kawasan wisata Mandeh di Nagari Jinang Kampung Pansur, Kecamatan Koto XI Tarusan. Proyek ini menggunakan anggaran APBN tahun 2018 senilai Rp.700 juta.

“Dana bersumber dari anggaran Kementerian PDT dan Tranmigrasi tahun 2018, tahun ini rampung,” tegas Kadis PMDP2KB Pessel, Hamdi, Senin (22/10/2018)

Dikatakan Kadis Hamdi, pasar multifungsi atau pasar kawasan wisata ini dibangun diatas tanah seluas 1.300 m2. Keberadaan pasar ini selain sebagai lokasi perdagangan, khususnya produk-produk lokal Kabupaten Pesisir Selatan, nantinya juga akan dilengkapi fasilitas kantor (Ruangan), MCK dan Aula yang bisa dijadikan tempat rapat dan acara – acara tertentu.

Untuk pengelolaan pasar itu sendiri Hamdi akan menyerahkan pengelolaanya kepada Nagari melalui BUMNag setempat.

“Lebih mudah untuk mempromosikan dan pemasaran produk lokal di Kabupaten Pessel,” ujar Hamdi.

Menurutnya, pasar multifungsi guna ini bisa membantu masyarakat dan para pedagang produk lokal di Kabupaten Pesisir Selatan, serta mampu membantu ekonomi masyarakat yang berada di lokasi pasar tersebut. “Apalagi keberadaan bangunan pasar berada di tepi jalan menuju kawasan wisata Mandeh, jadi bisa dijadikan tempat untuk pemasaran oleh-oleh bagi wisatawan dari luar daerah,” ujarnya.

“Dengan konsep pasar modern, pasar yang nyaman, teratur dan dilengkapi dengan keramik, musholla dan MCK,” terang Hamdi.

Lebih jauh Hamdi berharap dengan adanya pasar tersebut pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat.

Sementara itu pada saat ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dibawah komando Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni juga sedang gencar melakukan pembangunan pasar di 15 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. (Rega Desfinal)