2019, Pemkab Pessel Kucurkan Rp2 Miliar Untuk Normalisasi Batang Tapan

814

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pengolahan Sumber Daya Alam ( PSDA ) setempat menggarkan Rp. 2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD) Pesisir Selatan tahun 2019 untuk normalisasi sungai Batang Tapan.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni minta PSDA bergerak cepat dengan melakukan pemasangan batu jetty penangulangan darurat di sepanjang aliran sungai menuju pemukiman masyarakat, sepanjang 25 meter.

“Kita lakukan penanganan penangulangan darurat di lokasi sungai Batang Tapan, dengan memasang tanggul sementara,” sebut Kadis PSDA Pessel Doni Guzrizal.

Diterangkannya, penanganan pasca banjir bandang di Batang Tapan ini dilakukan dua tahap, tahap pertama telah dilakukan, sedangkan tahap kedua dengan penangulangan permanen pemasangan batu jetty di sepanjang sungai Batang Tapan.

“PSDA Pesisir Selatan tahun 2019 telah menganggarkan Rp. 2 miliar dari APBD, sekaligus untuk pemindahan alur sungai,” jelasnya.

Karena anggaran ini cukup besar tidak cukup menggunakan dana APBD, PSDA juga akan mengusulkan anggaran ke PSDA Provinsi Sumbar dan Kementerian PUPR untuk penangulangan banjir di sungai Batang Tapan, kata Doni.

“Saat ini alat sedang bekerja di lapangan, untuk membuat bronjong dari batu di aliran sungai yang menuju rumah masyarakat,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan pemasangan sementara batu bronjong ini bisa mengurangi dampak banjir. “Sambil menunggu usulan dari pusat dalam penanganan normalisasi Sungai Batang Tapan,” akhirinya. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here