Pemilu 2019, KPU Pessel Rekrut 10.353 Anggota KPPS

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) nyatakan kepada masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), sudah dapat melihat pengumuman penerimaan pada 182 kantor walinagari yang ada di Pesisir Selatan.

Pengumuman penerimaan calon anggota KPPS sudah dibuka dari 28 Februari 2019 hingga 5 Maret 2019.

Demikian disampaikan ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar didampingi Devisi Perencanaan Data dan Informasi, Medo Patria.

Disampaikanya bahwa jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah itu ada sebanyak 1.478 dan 1 TPS di rutan.

“Jika ditambah dengan 1 TPS Berbasis Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) yang terdapat di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Painan, maka jumlahnya menjadi 1.479 TPS. Pada masing masing TPS ini anggota KPPS yang akan diterima sebanyak 7 orang, Sehingga jika dikalikan sebanyak 1.479 TPS maka jumlah yang akan direkrut sebanyak 10.353 orang,” jelasnya.

Epi

Selain anggota KPPS, untuk kelancaran pelaksaan pemungutan suara juga dibantu oleh 2 orang petugas Linmas pada masing-masing TPS.

“Khusus untuk kebutuhan petugas Linmas atau Hansip ini, kita sudah melakukan koordinasi dengan semua walinagari. Koordinasi ini dilakukan, sebab pada Pemilu lalu petugas Linmas ini ada di nagari,” ungkapnya.

Disampaikanya bahwa berdasarkan koordinasi yang dilakukan, pihak nagari juga menyerahkan perekrutanya ke KPU.

“Hal itu memang berdasarkan berbagai pertimbangan, agar keberadaan anggota KPPS juga sejalan dengan keberadaan petugas Linmas pada semua TPS nantinya,” jelasnya lagi.

Dia menambahkan bahwa pendaftaran bagi anggota KPPS tersebut akan dibula pada 6-12 Maret 2019. Sedangkan pengumuman atau penepatan hasilnya akan dilakukan pula pada 19 Maret 2019.

“Dalam melaksanakan tugas, anggota KPPS dan Limas ini berdasarkan masa kerja satu paket yang kegiatanya di mulai tanggal 10 April hingga 9 Mai 2019. Saya berharap penerimaan calon anggota KPPS dan Linmas ini bisa berjalan lancar sebagai mana pengumuman penerimaan yang dilakukan hari ini,” tutupnya. Rilis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.